Berita

Maksimalkan Penjualan Anda dengan Fitur Biaya-per-klik Otomatis Saat Puncak Promo

Saat puncak promo (Contoh: 8.8, 9.9, dll.) berlangsung, iklan biasanya memiliki tingkat konversi penjualan yang lebih tinggi dan membuat Penjual lebih kompetitif dalam menentukan biaya-per-klik. Jika Anda tidak meningkatkan biaya-per-klik secara manual, terdapat kemungkinan Iklan Pencarian Produk dan Iklan Produk Serupa Anda memiliki peringkat yang rendah atau tidak tampil sama sekali.


Untuk membantu memaksimalkan penjualan Anda saat puncak promo, fitur ini akan secara otomatis mengoptimalkan biaya per-klik iklan Anda. Hal ini juga untuk memastikan bahwa iklan Anda akan terus ditampilkan.

  1. Pada dua hari sebelum puncak promo* (Misal: fitur akan aktif dari tanggal 6 Agustus untuk puncak promo 8.8) sistem akan secara otomatis mengoptimalkan biaya per-klik untuk iklan yang menggunakan pengaturan manual.


*Pengaturan ini tersedia dalam versi beta dan belum tersedia untuk semua Penjual.


Dapatkah saya memilih untuk mengaktifkan fitur ini atau tidak?


Ya, Anda akan melihat pemberitahuan di halaman Iklan Shopee sebelum hari puncak promo (Contoh: 8.8, 9.9, dll.), di mana Anda dapat memilih untuk mengaktifkan fitur Biaya-per-klik Otomatis atau tidak.



Jika Anda mengaktifkan fitur ini, Anda akan mendapatkan pop-up tentang fitur ini satu hari sebelum puncak promo dan dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan fitur ini kapan saja melalui Pengaturan Toko di halaman Iklan Shopee.



Perhatikan bahwa setelah diaktifkan, pengoptimalan biaya-per-klik otomatis hanya berlangsung selama 24 jam pada hari puncak promo. Anda akan kembali menerima pemberitahuan tentang pengaturan fitur ini di halaman Iklan Shopee ketika hari puncak promo berikutnya tiba.

  1. Untuk Penjual terpilih, pengoptimalan biaya per-klik otomatis akan berlangsung selama 72 jam, terhitung dari 2 hari sebelum puncak promo berlangsung.


Apakah pengaturan fitur Biaya-per-klik Otomatis ini berlaku untuk semua Iklan Shopee saya?

Tidak, ketika fitur ini diaktifkan, fitur ini hanya berlaku untuk Iklan Pencarian Produk dan Iklan Produk Serupa dengan pengaturan manual yang memiliki Efektivitas Iklan tinggi pada hari puncak promo sebelumnya (mengindikasikan iklan tersebut memiliki potensi besar untuk mendapatkan penjualan yang lebih banyak).


Perlu diketahui bahwa fitur ini mulai berlaku pada Iklan Produk Serupa mulai 17 Februari 2022


Apakah iklan dengan fitur Biaya-per-klik Otomatis akan memiliki biaya iklan lebih tinggi dari modal yang sudah saya tetapkan?

Tidak, setiap penggunaan iklan akan tetap berada dalam batas.“Total Modal” atau “Modal Harian” yang Anda atur.


Untuk memaksimalkan penjualan Anda, Anda dapat meningkatkan modal iklan min. 50% agar dapat menghasilkan klik yang lebih banyak dan tetap memiliki Saldo Iklan yang cukup.


Apakah fitur Biaya-per-klik Otomatis ini berpengaruh buruk terhadap kinerja performa iklan saya?

Untuk iklan yang menggunakan pengaturan fitur ini, Shopee akan mempertahankan Efektivitas Iklan (ROI) iklan Anda agar tetap berada di atas rata-rata dari 15 hari terakhir, sekaligus mengoptimalkan iklan untuk meningkatkan penjualan.


Bagaimana cara saya mengetahui bahwa pengaturan fitur Biaya-per-klik Otomatis telah aktif?

a. Anda dapat memeriksa Pengaturan Toko untuk melihat apakah pengaturan fitur Biaya-per-klik Otomatis sedang aktif atau tidak.


b. Pada hari puncak atau selama periode promo (untuk Penjual terpilih), Anda akan melihat keterangan "Dinamis" pada:

  1. Kolom “Per Klik” di halaman Rincian Iklan Pencarian Produk pada bagian tipe Pilih Manual.
  2. Kolom “Tingkat Premium” di halaman Rincian Iklan Produk Serupa apabila Anda menggunakan Pengaturan Manual.

c. Setelah hari puncak atau periode promo (untuk Penjual terpilih) berakhir, keterangan "Dinamis" akan hilang dan biaya-per-klik awal Anda akan tetap sama.




Mengapa saya tidak dapat melihat cara Shopee mengoptimalkan biaya-per-klik saya?

Biaya-per-klik Anda akan diatur menggunakan algoritma yang di-update setiap beberapa menit sekali, sehingga data real-time akan terus berubah-ubah.


Jangan khawatir, maks. biaya-per-klik (2x dari biaya-per-klik yang diatur) akan diterapkan untuk membantu meningkatkan penjualan Anda sekaligus mempertahankan performa iklan Anda secara keseluruhan. Pengoptimalan biaya-per-klik 2x lebih tinggi tersebut hanya sebagai batas maks. yang tidak akan diterapkan untuk semua iklan.


Dapatkah Saya mengatur fitur ini dari aplikasi Shopee?

Tidak, Anda hanya bisa mengaktifkan dan menonaktifkan pengaturan fitur ini dengan mengakses Iklan Shopee pada Seller Centre.


Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak
Konten

Dapatkah saya memilih untuk mengaktifkan fitur ini atau tidak?

Apakah pengaturan fitur Biaya-per-klik Otomatis ini berlaku untuk semua Iklan Shopee saya?

Apakah iklan dengan fitur Biaya-per-klik Otomatis akan memiliki biaya iklan lebih tinggi dari modal yang sudah saya tetapkan?

Apakah fitur Biaya-per-klik Otomatis ini berpengaruh buruk terhadap kinerja performa iklan saya?

Bagaimana cara saya mengetahui bahwa pengaturan fitur Biaya-per-klik Otomatis telah aktif?

Mengapa saya tidak dapat melihat cara Shopee mengoptimalkan biaya-per-klik saya?

Dapatkah Saya mengatur fitur ini dari aplikasi Shopee?