Berita

Maksimalkan Penjualan Anda dengan Fitur Biaya-per-Klik Otomatis saat Puncak Promo

Saat puncak promo (Contoh: 8.8, 9.9, dll) berlangsung, iklan biasanya memiliki tingkat konversi penjualan yang lebih tinggi dan membuat Penjual lebih kompetitif dalam menentukan biaya-per-klik. Jika Anda tidak meningkatkan harga bid secara manual, terdapat kemungkinan Iklan Produk Anda memiliki peringkat yang rendah atau tidak ditampilkan sama sekali.


Untuk membantu memaksimalkan penjualan Anda saat puncak promo, saat ini Shopee menawarkan pilihan untuk menetapkan harga penawaran secara otomatis pada hari-hari puncak promo, sehingga iklan Anda akan terus berjalan.

  1. Pada dua hari sebelum puncak promo* (Misal: Untuk puncak promo 8.8, fitur akan aktif dari tanggal 6 Agustus) sistem akan secara otomatis mengoptimalkan harga bid untuk iklan yang menggunakan pengaturan manual.


Dapatkah Saya memilih untuk mengaktifkan fitur ini atau tidak?


Ya, Anda akan melihat pemberitahuan di halaman Iklan Shopee sebelum hari puncak promo (Contoh: 8.8, 9.9, dll), di mana Anda dapat memilih untuk mengaktifkan fitur Biaya-per-Klik Otomatis atau tidak. Anda juga dapat membuka Pengaturan Level Toko untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.



Perhatikan bahwa setelah diaktifkan, pengoptimalan biaya-per-klik otomatis hanya berlangsung selama 24 jam pada hari puncak promo. Anda akan kembali menerima pemberitahuan tentang pengaturan fitur ini di halaman Iklan Shopee ketika hari puncak promo berikutnya tiba.

  1. Untuk Penjual terpilih, pengoptimalan biaya per-klik otomatis akan berlangsung selama 72 jam, terhitung dari 2 hari sebelum puncak promo berlangsung.


Apakah pengaturan fitur Biaya-per-klik Otomatis ini berlaku untuk semua Iklan Shopee Saya?

Tidak, ketika fitur ini diaktifkan, fitur ini berlaku untuk (i) Iklan Produk dan Iklan Toko (ii) dengan pengaturan mode bidding manual, dan (iii) yang memiliki Efektivitas Iklan tinggi pada periode puncak promo (mengindikasikan iklan tersebut memiliki potensi besar untuk mendapatkan penjualan yang lebih banyak).


Apakah iklan dengan fitur Biaya-per-Klik Otomatis akan memiliki biaya iklan lebih tinggi dari modal yang sudah Saya tetapkan?

Tidak, setiap penggunaan iklan akan tetap berada dalam batas “Modal Harian” yang Anda atur.


Untuk memaksimalkan penjualan Anda, Anda dapat meningkatkan modal iklan min. 50% agar dapat menghasilkan klik yang lebih banyak dan tetap memiliki Saldo Iklan yang cukup.


Apakah fitur Biaya-per-Klik Otomatis ini berpengaruh buruk terhadap kinerja performa iklan Saya?

Untuk iklan yang menggunakan pengaturan fitur ini, Shopee akan mempertahankan Efektivitas Iklan (ROAS) dari iklan Anda agar tetap berada di atas rata-rata dari 15 hari terakhir, sekaligus mengoptimalkan iklan untuk meningkatkan penjualan.


Bagaimana cara Saya mengetahui bahwa pengaturan fitur Biaya-per-Klik Otomatis telah aktif?

a. Anda dapat memeriksa Pengaturan Toko untuk melihat apakah pengaturan fitur Biaya-per-klik Otomatis sedang aktif atau tidak.


b. Pada hari puncak atau selama periode promo (untuk Penjual terpilih), Anda akan melihat keterangan "Dinamis" pada Kolom “Per Klik” di halaman Rincian Iklan Pencarian Produk pada iklan dengan mode bidding manual

c. Setelah hari puncak atau periode promo (untuk Penjual terpilih) berakhir, keterangan "Dinamis" akan hilang dan harga bid awal Anda akan tetap sama.



Mengapa saya tidak dapat melihat cara Shopee mengoptimalkan biaya-per-klik saya?

Biaya-per-klik Anda akan diatur menggunakan algoritma yang di-update setiap beberapa menit sekali, sehingga data real-time akan terus berubah-ubah.


Jangan khawatir, maksimum biaya-per-klik (3x dari biaya-per-klik yang diatur) akan diterapkan untuk membantu meningkatkan penjualan Anda sekaligus mempertahankan performa iklan Anda secara keseluruhan. Pengoptimalan biaya-per-klik 3x lebih tinggi tersebut hanya sebagai batas maksimum yang tidak akan diterapkan untuk semua iklan.


Dapatkah Saya mengatur fitur ini dari Aplikasi Shopee?

Tidak, Anda hanya bisa mengaktifkan dan menonaktifkan pengaturan fitur ini dengan mengakses Iklan Shopee pada Website Seller Centre.


*Catatan:

  1. Harga bid maksimum tidak berlaku ketika mengaktifkan fitur ini. Anda dapat dikenakan biaya-per-klik di atas biaya-per-klik maksimum (hingga 3x dari harga awal biaya-per-klik Anda) agar tetap kompetitif.
  2. Contoh: Biaya-per-klik Iklan Produk Halaman Pencarian adalah Rp10.000. Ketika menggunakan fitur ini, biaya-per-klik untuk iklan tersebut dapat mencapai hingga Rp30.000.




Segera aktifkan fitur biaya-per-klik otomatis di Seller Center dan hubungi tim Shopee Anda untuk informasi lebih lanjut.


Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak
Konten

Dapatkah Saya memilih untuk mengaktifkan fitur ini atau tidak?

Apakah pengaturan fitur Biaya-per-klik Otomatis ini berlaku untuk semua Iklan Shopee Saya?

Apakah iklan dengan fitur Biaya-per-Klik Otomatis akan memiliki biaya iklan lebih tinggi dari modal yang sudah Saya tetapkan?

Apakah fitur Biaya-per-Klik Otomatis ini berpengaruh buruk terhadap kinerja performa iklan Saya?

Bagaimana cara Saya mengetahui bahwa pengaturan fitur Biaya-per-Klik Otomatis telah aktif?

Mengapa saya tidak dapat melihat cara Shopee mengoptimalkan biaya-per-klik saya?

Dapatkah Saya mengatur fitur ini dari Aplikasi Shopee?