Artikel ini berisi tips mengoptimalkan Iklan Toko berdasarkan tujuan iklan Anda. Jika Anda menyiapkan Iklan Toko untuk pertama kalinya, baca artikel Cara Mengaktifkan Iklan Toko.
Kami menyarankan Anda menjalankan iklan Anda minimal selama 2 minggu. Hal Ini memungkinkan Anda memiliki data yang memadai untuk pengoptimalan iklan.
Berikut beberapa tips pengoptimalan berdasarkan tujuan iklan:
1. Meningkatkan Visibilitas
Pantau metrik berikut untuk Iklan Toko Anda, pada tingkat iklan dan tingkat kata pencarian:
- Jumlah dilihat dan Jumlah Klik untuk memahami seberapa efektif Iklan Toko Anda dalam mendorong exposure dan traffic ke toko Anda.
- Jumlah dilihat dan Jumlah Klik Produk untuk memahami seberapa besar exposure yang diperoleh produk Anda dari pembeli yang mengklik Iklan Toko.
Cara mengoptimalkan Iklan Toko jika tujuan Anda adalah meningkatkan visibilitas:
- Jika Jumlah Dilihat rendah:
- Jika Anda memiliki kurang dari 10 kata pencarian aktif, tambahkan lebih banyak kata pencarian, terutama kata pencarian dengan volume pencarian tinggi dan relevansi tinggi dengan toko Anda.
- Ganti jenis pencocokan kata pencarian ke Pencocokan Luas (jika Anda menggunakan Pencocokan Tepat) sehingga Iklan Toko Anda akan tampil di lebih banyak hasil penelusuran.
- Identifikasi kata pencarian tanpa Jumlah Dilihat, naikkan harga bid secara bertahap, dan pantau apakah Jumlah Dilihat dari kata pencarian tersebut meningkat.
- Jika Anda tidak melihat peningkatan pada Jumlah Dilihat (impression) atau harga bid untuk mendapatkan Jumlah Dilihat terlalu tinggi, pertimbangkan untuk menghapus kata pencarian tersebut karena anggarannya terbatas.
- Jika Jumlah Klik rendah:
- Jika Jumlah Klik rendah untuk semua atau sebagian besar kata pencarian, tinjau gambar dan tagline Iklan Toko Anda. Pastikan kata Pencarian tersebut relevan dengan kata kunci yang Anda aktifkan.
- Jika hanya sedikit kata pencarian yang memiliki Jumlah Klik rendah, kata pencarian tersebut mungkin tidak relevan dengan Iklan Toko Anda; pertimbangkan untuk menghapus kata pencarian atau menurunkan harga bid secara bertahap, terutama jika kata kunci tersebut juga menghasilkan Jumlah Dilihat Toko yang rendah.
- Jika Anda menemukan kata pencarian dengan CTR (Persentase Klik) Produk rendah:
- Kata pencarian mungkin tidak relevan dengan halaman Toko Anda; pertimbangkan untuk menghapus kata pencarian atau menurunkan harga bid Anda secara bertahap.
2. Meningkatkan Keuntungan (Penjualan Efektif)
Pantau metrik berikut untuk Iklan Toko Anda, pada tingkat iklan dan tingkat kata pencarian:
- GMV (Penjualan)lihat pendapatan penjualan dari Iklan Toko Anda.
- ROAS (Efektivitas Iklan) untuk memahami kata kunci mana yang menghasilkan pendapatan secara efektif per rupiah yang dihabiskan untuk iklan.
- ACOS (Persentase Biaya Iklan terhadap penjualan) untuk memahami keseluruhan biaya iklan Anda dibandingkan dengan penjualan iklan Anda.
Cara mengoptimalkan Iklan Toko jika tujuan Anda adalah keuntungan (Penjualan Efektif):
- Untuk kata pencarian dengan ROAS tinggi, pertahankan harga bid yang kompetitif untuk memastikan Iklan Toko Anda ditampilkan di hasil pencarian Shopee. Anda dapat memeriksa apakah Iklan Toko Anda ditampilkan dengan melihat tren Jumlah Dilihat dari waktu ke waktu.
- Jika Iklan Toko Anda tidak tampil, Anda dapat meningkatkan harga bid dengan lebih kompetitif dan memantau apakah jumlah dilihat meningkat. Anda dapat menggunakan harga bid yang disarankan untuk mengukur harga bid penjual lain.
- Untuk kata pencarian dengan ROAS rendah:
- Ganti jenis pencocokan kata kunci ke Pencocokan Tepat (jika Anda menggunakan Pencocokan Luas) untuk membatasi tampilan Iklan Toko hanya pada kata kunci yang Anda gunakan.
- Turunkan harga bid secara bertahap untuk mengurangi biaya Anda. Jika ROAS tidak membaik, pertimbangkan untuk menghapus kata pencarian tersebut.
- Untuk kata pencarian tanpa ROAS:
- Periksa tingkat tampilan iklan dengan melihat tren Jumlah dilihat selama 7 hari terakhir.
- Jika tidak ada Jumlah Dilihat, Iklan Toko Anda kemungkinan tidak ditampilkan di hasil penelusuran. Pertimbangkan untuk menaikkan harga bid secara bertahap untuk melihat apakah Tayangan dan ROAS meningkat.
- Jika ada Jumlah Dilihat namun tidak ada Klik, pertimbangkan untuk menghapus kata pencarian untuk menghemat biaya Anda.
- Jika ROAS rendah di seluruh atau sebagian besar kata pencarian Anda, tinjau produk yang ditampilkan di halaman toko Anda. Periksa apakah produk yang ditampilkan menarik dan relevan dengan kata pencarian Anda.