Panduan Pengguna

Memilih Mode Bidding yang Tepat untuk Iklan Toko Anda

Menentukan mode bidding yang tepat dapat membantu Anda untuk meraih tujuan bisnis Anda. 

Mode Bidding adalah pilihan pengaturan harga bid atau biaya per satu kali iklan Anda diklik oleh pengguna atau pembeli di Shopee. Iklan Shopee saat ini menawarkan dua mode bidding untuk Iklan Toko : Otomatis dan Manual.


Mode Bidding Apa yang Tepat untuk Iklan Toko Saya?

Menentukan mode bidding yang tepat bergantung pada tujuan dan pengalaman beriklan Anda. Anda dapat melihat rekomendasi yang tepat berdasarkan situasi Anda pada tabel di bawah ini.

Situasi

Rekomendasi Pengaturan Mode Bidding

Tips Menentukan Pengaturan Mode Otomatis 

Saat membuat Iklan Toko, Anda dapat memilih Mode Bidding Otomatis di bagian mode bidding. Dengan Mode Bidding Otomatis, sistem Shopee akan mengoptimalkan pemilihan kata pencarian (jika ada) dan biaya-per-klik, serta menampilkan Iklan Toko Anda kepada pembeli yang relevan.

Berikut adalah rekomendasi penentuan Pengaturan Target Efektivitas Iklan (ROAS) pada Mode Bidding Otomatis sesuai dengan situasi Anda.

Sistem mempertimbangkan berbagai faktor untuk memprediksi apakah setiap iklan yang diklik cenderung menghasilkan konversi penjualan atau tidak. Sistem ini bertujuan untuk mempertahankan Efektivitas Iklan (ROAS) yang sehat untuk mengalokasikan biaya iklan Anda secara efektif, kecuali Anda menetapkan Target ROAS* tertentu. Bidding akan ditingkatkan bila berpotensi tinggi menghasilkan penjualan, atau diturunkan bila potensi penjualan lebih rendah.


*Catatan : Saat ini fitur Target ROAS tersedia hanya untuk penjual terpilih


Tips Menentukan Pengaturan Mode Bidding Manual

Dengan Mode Bidding Manual, Anda dapat menetapkan harga bid Anda sendiri secara manual untuk setiap kata pencarian dan penempatan iklan, sehingga Anda memiliki kontrol yang lebih besar untuk mengatur biaya dan kinerja iklan. Pada pengaturan Mode Bidding manual, terdapat beberapa pilihan pengaturan sebagai berikut.


1.Tambah Kata Pencarian : Pengaturan untuk menambahkan kata pencarian produk

2. Tipe Pencocokan : Pengaturan untuk memilih tipe pencocokan produk

  1. Tipe Pencocokan Luas : Iklan Anda akan muncul pada halaman pencarian saat Pembeli mencari variasi kata pencarian yang relevan, meskipun kata tersebut tidak mengandung kata yang telah Anda atur.
  2. Tipe Pencocokan Spesifik : Iklan Anda hanya akan muncul ketika Pembeli mencari kata pencarian spesifik yang telah Anda atur.

Contoh hasil pencarian untuk pencocokan luas dan spesifik terdapat pada tabel berikut.

3.Harga Bid : Maksimum biaya yang Anda bayar untuk setiap klik pada iklan.


Berikut adalah rekomendasi pengaturan mode bidding manual.

FAQ

Bagaimana Shopee Menentukan biaya per klik pada pengaturan bidding otomatis Iklan Saya?

Harga bid pada mode bidding otomatis iklan Toko Anda ditentukan oleh kemungkinan iklan Anda akan mendorong penjualan.

  1. Bila ada kemungkinan besar Pembeli melakukan pembelian, biaya per klik yang lebih tinggi ditetapkan untuk meningkatkan visibilitas iklan Anda. 
  2. Sebaliknya, jika kemungkinan iklan Anda menghasilkan penjualan yang rendah, biaya per klik mungkin diturunkan. 
  3. Jika tampaknya iklan Anda tidak menghasilkan penjualan, biaya per klik akan diturunkan




Was this page helpful?

yes Yes
no No
Content

Mode Bidding Apa yang Tepat untuk Iklan Toko Saya?

Tips Menentukan Pengaturan Mode Otomatis 

Tips Menentukan Pengaturan Mode Bidding Manual

FAQ