Panduan Pengguna

Tentang GMV Max ROAS

GMV Max ROAS adalah versi yang telah diupgrade dari fitur Bidding Otomatis, memungkinkan sistem untuk membantu Penjual memanfaatkan traffic yang lebih luas di Shopee secara maksimal guna mengoptimalkan potensi GMV sekaligus mempertahankan performa Efektivitas Iklan (ROAS) yang ditargetkan oleh Penjual.



Keuntungan Utama GMV Max ROAS

  1. Visibilitas yang Lebih Baik di Platform Shopee

Manfaatkan traffic yang lebih luas untuk mengakses audiens yang lebih banyak bagi produk pilihan Anda guna meningkatkan potensi penjualannya. Peningkatan penempatan slot memungkinkan Penjual untuk lebih optimal dalam meningkatkan potensi GMV dari kampanye, sehingga mendorong konversi yang lebih baik.


  1. Tingkatkan Daya Saing dengan Rekomendasi ROAS yang Informatif

Tetapkan tujuan beriklan dengan memanfaatkan informasi pada rekomendasi target ROAS dari Shopee yang telah disesuaikan untuk produk pilihan Anda. Anda juga dapat menetapkan target ROAS yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda, berdasarkan performa historis toko maupun produk Anda. Shopee akan berupaya secara maksimal untuk mencapai target tersebut melalui mekanisme bidding dinamis dalam rangka mengoptimalkan hasil kampanye.


Dengan akses terhadap traffic yang lebih luas, Penjual memiliki peluang untuk meningkatkan performa toko secara keseluruhan dan mendorong potensi penjualan yang lebih besar.


  1. Optimasi Kinerja yang Terpadu

Optimalkan efektivitas kampanye Anda pada tingkat produk di seluruh platform Shopee tanpa perlu memantau berbagai pengaturan secara terpisah, karena Shopee akan membantu mengoptimalkan kampanye Anda melalui sistem otomatisasi.



Syarat untuk Mengaktifkan GMV Max ROAS

  1. Setiap kampanye GMV Max ROAS hanya dapat diaktifkan untuk 1 produk saja.
  2. Jika terdapat Iklan Produk yang sedang berjalan atau terjadwal dengan periode yang tumpang tindih dengan produk yang dipilih, maka mengaktifkan GMV Max akan menyebabkan iklan lain yang ada dijeda secara otomatis.


Praktik Terbaik untuk GMV Max ROAS

  1. Hindari Pengubahan yang Tidak Perlu Selama Fase Pembelajaran: Setelah kampanye dimulai, iklan secara otomatis akan memasuki Fase Pembelajaran di mana Shopee akan menstabilkan performa kampanye. Selama Fase Pembelajaran, fluktuasi ROAS merupakan hal yang wajar karena algoritma sedang distabilkan. Oleh karena itu, disarankan agar Penjual tidak melakukan perubahan apapun pada kampanye selama periode ini.
  2. Tetapkan Target ROAS yang Realistis: Disarankan agar Penjual menetapkan target ROAS sesuai dengan nilai yang direkomendasikan oleh Shopee. Rekomendasi ini didasarkan pada performa toko dan produk Anda, serta performa produk serupa di platform. Menetapkan target ROAS yang terlalu tinggi dapat menyebabkan keterbatasan penayangan iklan dan pengeluaran biaya iklan, karena GMV Max ROAS akan menjadi sangat selektif untuk mempertahankan target ROAS yang ditetapkan. Shopee akan berupaya secara maksimal untuk mencapai target ROAS yang ditetapkan, tanpa jaminan.
  3. Skalakan GMV untuk Item yang Direkomendasikan: Aktifkan GMV Max ROAS pada produk yang direkomendasikan dalam pengaturan Pemilihan Produk untuk meningkatkan potensi GMV dari produk yang berpotensi tinggi dan/atau kompetitif guna meningkatkan performa toko Anda secara keseluruhan.
  4. Produk Baru: Untuk produk yang baru ditambahkan ke toko,, disarankan untuk menggunakan fitur Optimasi Produk Baru agar dapat memulai performa dengan lebih baik. Setelah kampanye Optimasi Produk Baru berakhir, Anda dapat menggunakan nilai ROAS yang dicapai sebagai dasar untuk menetapkan target ROAS bagi Produk dengan GMV Max ROAS untuk lebih meningkatkan potensi kinerjanya.



Cara Mengaktifkan GMV Max ROAS di Seller Centre (Website)


  1. Buka Seller Centre dan pilih 'Pusat Promosi' > 'Iklan Shopee'
  2. Klik ‘Buat Iklan Baru’ dan pilih ‘Iklan Produk



  1. Atur pemilihan produk Penjual dengan 'Mode Pemilihan Produk Secara Manual'. Anda dapat memilih hingga 30 produk (Website) dan maksimal 10 produk (Aplikasi) untuk diiklankan melalui GMV Max.



  1. Klik ‘Tambah Produk’ dan pilih produk yang ingin Anda iklankan dalam kampanye ini. Anda dapat menggunakan fitur Produk Rekomendasi GMV Max untuk membantu memilih produk berpotensi tinggi untuk mendukung performa kampanye Anda.

Penting: Setiap kampanye GMV Max hanya dapat digunakan untuk 1 produk saja.



  1. Pilih Mode Bidding ‘GMV Max Auto’ dalam Strategi Iklan, Pilih Pengaturan Target ROAS menjadi ‘GMV Max ROAS’. Pilih salah satu dari 3 nilai Target ROAS yang direkomendasikan atau tetapkan nilai target ROAS secara manual.

Tetapkan target ROAS yang realistis: Gunakan performa historis produk sebagai acuan untuk target ROAS. Target yang terlalu tinggi dapat membatasi jangkauan dan menghambat performa kampanye.



  1. Atur Pengaturan Modal & Durasi: Disarankan untuk menetapkan Modal 'Tak Terbatas' dan Periode Iklan ‘Tidak Terbatas’ atau tanpa tanggal berakhir, agar sistem dapat mengoptimalkan kampanye secara maksimal sesuai dengan batasan target ROAS Anda.

Sebagai alternatif, jika Anda memiliki keterbatasan modal, sistem akan memberikan rekomendasi modal untuk memastikan iklan Anda tetap memperoleh eksposur traffic dan hasil yang optimal.



Jika Anda memilih beberapa produk, Anda dapat mengatur Modal Harian (per produk) yang akan diterapkan untuk semua produk yang dipilih pada halaman pembuatan iklan.



  1. Setelah semua pengaturan di atas selesai diatur, pilih ‘Tampilkan’ untuk mengaktifkan kampanye GMV Max ROAS.



  1. Hindari pengubahan yang tidak perlu: Harap hindari melakukan pengubahan apapun pada kampanye Anda dalam periode awal atau 7 hari pertama, karena kampanye akan melalui Fase Pembelajaran untuk menemukan cara terbaik dalam mengoptimalkan kinerjanya. Setiap pengubahan yang dilakukan selama periode ini dapat menyebabkan kampanye masuk kembali ke Fase Pembelajaran dan menunda kemampuan sistem untuk mengoptimalkan kampanye Anda dengan lebih baik.



Untuk informasi lebih lanjut terkait GMV Max ROAS, silakan cek artikel FAQ GMV Max ROAS di sini.

Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak
Konten

Keuntungan Utama GMV Max ROAS

Syarat untuk Mengaktifkan GMV Max ROAS

Praktik Terbaik untuk GMV Max ROAS

Cara Mengaktifkan GMV Max ROAS di Seller Centre (Website)