Panduan Pengguna

Tentang GMV Max ROAS

GMV Max ROAS adalah versi yang ditingkatkan dari fitur Bidding Otomatis, memungkinkan sistem untuk membantu Penjual memanfaatkan traffic yang lebih luas di Shopee secara maksimal guna memaksimalkan potensi GMV sambil mempertahankan kinerja Efektivitas Iklan (ROAS) yang ditargetkan oleh Penjual.



Keuntungan Utama GMV Max ROAS


  1. Visibilitas yang Lebih Baik di Platform Shopee

Manfaatkan traffic yang lebih luas untuk mengakses audiens yang lebih banyak bagi produk pilihan Anda guna meningkatkan potensi penjualannya. Peningkatan penempatan slot memungkinkan Penjual untuk lebih meningkatkan potensi GMV dari kampanye, mendorong konversi yang lebih baik.

  1. Tingkatkan Daya Saing dengan Rekomendasi ROAS yang Informatif

Tetapkan tujuan kampanye dengan rekomendasi ROAS dari Shopee yang disesuaikan untuk Produk yang Anda pilih. Atau, melangkah lebih jauh dan tetapkan tujuan ROAS yang disesuaikan yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda berdasarkan kinerja historis Toko atau Produk Anda. Shopee akan berusaha mencapai tujuan tersebut sedekat mungkin melalui bidding dinamis untuk memaksimalkan hasil.


Dengan akses ke traffic yang lebih luas, Penjual dapat meningkatkan kinerja toko secara keseluruhan dan mendorong potensi penjualan lebih lanjut.

  1. Optimasi Kinerja yang Terpadu

Optimalkan efisiensi kampanye Anda pada tingkat Produk di seluruh platform Shopee, sehingga Anda tidak perlu memantau melalui beberapa pengaturan, karena Shopee akan membantu mengoptimalkan kampanye Anda melalui optimasi sistem.



Syarat untuk Mengaktifkan GMV Max ROAS

  1. Setiap kampanye GMV Max ROAS hanya dapat diaktifkan untuk 1 produk saja.
  2. Jika ada Iklan Produk yang sedang berjalan atau dijadwalkan dengan periode yang tumpang tindih untuk Produk yang Anda pilih, harap diperhatikan bahwa mengaktifkan GMV Max ROAS akan menyebabkan iklan lain yang ada dijeda secara otomatis.


Praktik Terbaik untuk GMV Max ROAS

  1. Hindari Pengubahan yang Tidak Perlu Selama Fase Pembelajaran: Setelah kampanye dimulai, secara otomatis akan memasuki Fase Pembelajaran di mana Shopee akan berusaha menstabilkan kinerja. Selama Fase Pembelajaran, diharapkan akan ada beberapa fluktuasi ROAS karena algoritma sedang distabilkan. Oleh karena itu, disarankan agar Penjual tidak melakukan perubahan apapun pada kampanye selama periode ini. 
  2. Tetapkan Tujuan ROAS yang Realistis: Disarankan bagi Penjual untuk mengatur kampanye berdasarkan nilai ROAS yang direkomendasikan oleh Shopee. Rekomendasi ini disesuaikan dengan kinerja Toko dan Produk Anda, serta kinerja produk serupa di platform. Tujuan ROAS yang terlalu tinggi akan menyebabkan keterbatasan penayangan kampanye dan pengeluaran, karena GMV Max ROAS akan menjadi sangat selektif untuk mempertahankan tujuan ROAS yang diajukan. Shopee akan berusaha mencapai tujuan ROAS yang ditetapkan sedekat mungkin, namun tidak dijamin.
  3. Skalakan GMV untuk Item yang Direkomendasikan: Atur GMV Max ROAS untuk produk yang direkomendasikan dalam pengaturan Pemilihan Produk untuk meningkatkan potensi GMV dari produk yang berpotensi tinggi dan/atau kompetitif guna meningkatkan kinerja Toko Anda secara keseluruhan.  
  4. Produk Baru: Untuk produk yang baru terdaftar, disarankan untuk menggunakan fitur Optimasi Produk Baru guna membantu kinerja Produk. Setelah kampanye Optimasi Produk Baru berakhir, Anda dapat menggunakan nilai ROAS yang dicapai sebagai dasar untuk menetapkan tujuan ROAS bagi Produk dengan GMV Max ROAS untuk lebih meningkatkan potensi kinerjanya.


Cara Mengaktifkan GMV Max ROAS di Seller Centre (Website)


  1. Buka Seller Centre dan pilih 'Pusat Promosi' > 'Iklan Shopee'
  2. Klik ‘Buat Iklan Baru’ dan pilih ‘Iklan Produk



  1. Atur Pengaturan Dasar untuk Modal dan Periode Iklan. Di bagian 'Penempatan', pilih "Semua". GMV Max ROAS akan aktif di Halaman Pencarian dan Halaman Rekomendasi.



  1. Atur pemilihan produk Penjual dengan 'Pilih Produk Secara Manual'. Penting: Setiap kampanye GMV Max ROAS hanya dapat digunakan untuk 1 produk saja
  2. Setelah mengklik ikon [+], Anda dapat melanjutkan untuk memilih Produk yang Anda inginkan untuk kampanye ini. Di bawah fungsi "Pilih Produk," Anda juga dapat menggunakan Rekomendasi Produk GMV Max ROAS untuk membantu memilih produk dengan potensi tinggi yang lebih baik untuk diatur dalam kampanye Anda. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut tentang Rekomendasi Produk GMV Max ROAS.



  1. Atur Mode Bidding sebagai 'Otomatis'. Dari sini, Penjual akan melihat kolom merah yang dapat diisi sesuai dengan tujuan ROAS yang ditargetkan dan beri tanda centang di bagian 'Aktifkan GMV Max ROAS'


  1. Dari sini, Anda dapat memilih tujuan ROAS yang disarankan oleh Shopee yang disesuaikan untuk Produk yang dipilih, atau membuat GMV Max ROAS.


Gunakan tujuan ROAS yang realistis: Jika Anda ingin menggunakan GMV Max ROAS, sangat disarankan untuk merujuk pada kinerja historis Produk sebagai dasar. Menetapkan target ROAS yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penayangan kampanye yang terbatas, sehingga membatasi potensi kinerja Anda.

Setelah semua pengaturan di atas selesai diatur, pilih ‘Tampilkan’ untuk mengaktifkan kampanye GMV Max ROAS.


Hindari pengubahan yang tidak perlu: Harap hindari melakukan pengubahan apapun pada kampanye Anda dalam periode awal atau 7 hari pertama, karena kampanye akan melalui Fase Pembelajaran untuk menemukan cara terbaik dalam mengoptimalkan kinerjanya. Setiap pengubahan yang dilakukan selama periode ini dapat menyebabkan kampanye masuk kembali ke Fase Pembelajaran dan menunda kemampuan sistem untuk mengoptimalkan kampanye Anda dengan lebih baik.


Untuk informasi lebih lanjut terkait GMV Max ROAS, silakan cek artikel FAQ GMV Max ROAS di sini.

Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak
Konten

Keuntungan Utama GMV Max ROAS

Syarat untuk Mengaktifkan GMV Max ROAS

Praktik Terbaik untuk GMV Max ROAS

Cara Mengaktifkan GMV Max ROAS di Seller Centre (Website)