Iklan Live

Cara Membuat Iklan Live

Untuk mempromosikan Shopee Live Anda, Anda perlu menyiapkan dan membuat Iklan Live. Dengan beberapa langkah sederhana, Anda akan dapat mengatur dan mulai menjalankan Iklan Live Anda melalui Ruangan Live Streaming melalui Aplikasi Shopee atau melalui Seller Centre pada Web.


A. Cara Membuat Iklan Live melalui Seller Centre

  1. Log in ke Seller Centre
  2. Klik Iklan Shopee untuk mulai memasang iklan
  3. Klik + Buat Iklan Baru


4. Pilih jenis Iklan Live


5. Tentukan Nama, Modal, dan Periode Iklan

Modal adalah biaya maksimum yang perlu Anda bayar. Anda dapat mengatur modal Anda dengan opsi berikut:

  1. Modal Harian untuk pengeluaran biaya iklan per hari
  2. Tentukan batasan modal Anda dengan opsi berikut:
  3. “Tanpa Batas” agar iklan dapat terus berjalan sesuai saldo yang tersedia, atau
  4. “Tentukan Modal” agar Anda dapat menentukan modal untuk setiap iklan.

Pastikan saldo iklan Anda cukup agar iklan dapat terus berjalan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Untuk periode, Anda dapat memilih dua opsi berikut:

  1. “Tanpa Batas Waktu” agar iklan berjalan hingga modal habis
  2. “Tetapkan Tanggal Mulai/Akhir” agar Anda dapat menentukan tanggal mulai & berakhirnya iklan

Catatan: 

  1. Pada Ketika tanggal dipilih sebagai '1 Hari', durasi (waktu mulai dan waktu selesai) akan diperiksa. Jika waktu selesai melewati pukul 24:00, yang menunjukkan kampanye lintas hari, pembuatan iklan akan gagal
  2. Jika penjual ingin membuat Iklan Live lintas hari sekitar tengah malam, penjual dapat mempertimbangkan untuk membuat iklan lain setelah pukul 24:00 atau langsung mengatur ke 'Sepanjang Hari'


6. Tentukan Strategi Iklan

Iklan Live akan berjalan dengan menyesuaikan Strategi Iklan berdasarkan tujuan yang Anda pilih. Anda dapat memilih antara “Meningkatkan Penonton” atau “Tingkatkan Penjualan” (untuk Penjual terpilih) sebagai tujuan Anda saat menyiapkan Iklan Live.


(Pengaturan Strategi Iklan di Seller Centre)

  1. Meningkatkan Penonton

Dengan strategi ini, Shopee secara otomatis mengoptimalkan penayangan iklan Anda ke berbagai audiens untuk meningkatkan exposure dan memaksimalkan penayangan live streaming Anda sesuai anggaran dan periode yang ditentukan.

  1. Tingkatkan Penjualan

Dengan strategi ini, Shopee secara otomatis mengidentifikasi audiens dengan potensi pembelian lebih tinggi, menargetkan performa penjualan yang optimal sesuai anggaran dan durasi yang ditentukan.


7. Klik Aktifkan Iklan



B. Cara Membuat Iklan Live melalui Aplikasi Shopee

  1. Klik tombol ‘Iklan Live’ dalam Shopee Live Room untuk mengatur Iklan Live Anda.


(Shopee Live Room)

2. Buat Nama Iklan, Tanggal, Periode, dan Modal

Iklan Anda akan berjalan sesuai dengan periode waktu yang dijadwalkan, sesuai dengan rentang tanggal yang Anda atur. Iklan Anda akan berhenti jika beberapa hal berikut terjadi:

  1. Modal Harian Anda sudah habis
  2. Durasi Iklan Anda sudah selesai
  3. Sesi Siaran Live Streaming Anda telah berakhir


3. Pilih Tujuan Anda

Pilih tujuan iklan yang sesuai dengan target bisnis Anda, dan Shopee akan menargetkan iklan Anda kepada penonton dengan potensi terbaik yang relevan dengan tujuan Anda. Terdapat dua tujuan iklan yang dapat Anda pilih, Meningkatkan Penonton atau Tingkatkan Penjualan.

  1. Meningkatkan Penonton akan secara otomatis mengoptimalkan iklan Anda untuk memaksimalkan penayangan iklan Anda.
  2. Tingkatkan Penjualan akan secara otomatis mengoptimalkan iklan Anda untuk mendapatkan Efektivitas Iklan (ROAS) yang lebih tinggi.


4. Atur Tanggal, Durasi, dan Modal

Pilih tanggal, durasi, dan modal harian iklan dengan catatan sebagai berikut.

  1. Tanggal hanya bisa diatur pada saat penjual menggunakan Live GMV Max. 
  2. Ketika tanggal dipilih sebagai '1 Hari', durasi (waktu mulai dan waktu selesai) akan diperiksa. Jika waktu selesai melewati pukul 24:00, itu akan dianggap sebagai iklan lintas hari, dan penjual tidak dapat mengaktifkan iklan tersebut.
  3. Jika penjual ingin membuat Iklan Live lintas hari sekitar tengah malam, penjual dapat mempertimbangkan untuk membuat iklan lain setelah pukul 24:00 atau langsung mengatur ke 'Sepanjang Hari'

  1. Atur Modal Harian yang diinginkan, penjual dapat memilih modal harian tidak terbatas atau mengatur modal harian.



FAQ

1. Bagaimana Cara Mengubah Pengaturan Iklan Live yang Sedang Berjalan?

a. Melalui Web - Seller Centre

Nama Iklan pada Iklan Live tidak dapat diubah setelah iklan dibuat. Anda dapat mengubah modal dan periode waktu dari Iklan Live yang sedang berjalan dan dijadwalkan.

Catatan:

  1. Pada Iklan Live aktif, jika penjual mengubah dari 1 hari ke beberapa hari, durasi secara otomatis diubah menjadi 'Sepanjang hari'
  2. Pada Iklan Live aktif, Iklan Live 'lintas hari' yang sudah berakhir tidak dapat diedit lagi


b. Melalui Aplikasi Shopee


Shopee Live Room


Jika terdapat promo yang sedang berlangsung ataupun akan berlangsung, Anda dapat mengubah modal dari Iklan Live yang sedang berjalan dan dijadwalkan melalui kolom Modal.


Shopee Live Center


Dalam Live Center, klik tombol Iklan Live untuk mengakses halaman utama Iklan Live. Anda dapat mengubah modal dari Iklan Live yang sedang berjalan dan dijadwalkan melalui kolom Modal pada Halaman Rincian Iklan.


2. Bagaimana Cara untuk Menghentikan Iklan Live?

a. Melalui Web - Seller Centre

  1. Jika Anda ingin menghentikan iklan untuk sementara, kunjungi Halaman Rincian Iklan dan klik Dijeda.
  2. Alternatif lainnya, silakan klik Hentikan untuk menghentikan iklan secara keseluruhan.



b. Melalui Aplikasi Shopee


3. Bagaimana Cara Mengetahui Performa Iklan Live?

Anda dapat mengetahui performa dari Iklan Live Anda hingga 6 bulan ke belakang melalui Web dan hingga 3 bulan ke belakang melalui Aplikasi Shopee. Anda dapat melihat dashboard pada halaman utama Iklan Live di Seller Centre atau Live Center untuk melacak jumlah penonton, pesanan, atau metrik lainnya yang berasal dari iklan Anda.


On Web - Seller Centre


Aplikasi - Live Center


Aplikasi - Live Room


Jika Anda berada pada Shopee Live Room, Anda juga dapat memonitor performa iklan pada hari tersebut dengan mengklik tombol “Iklan Live” dan memilih iklan yang ingin Anda monitor.


4. Berapa modal minimal yang bisa saya pasang untuk satu Iklan Live?

  1. Modal terendah yang bisa dipasang pada Iklan Live adalah Rp40.000 untuk Tujuan Iklan Live Meningkatkan Penjualan (Mulai dari tanggal 28 Nov 2024.)
  2. Modal terendah yang bisa dipasang pada Iklan Live adalah Rp25.000 untuk Tujuan Iklan Live Meningkatkan Penonton




Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak
Konten

A. Cara Membuat Iklan Live melalui Seller Centre

B. Cara Membuat Iklan Live melalui Aplikasi Shopee