Cara Menggunakan Iklanku
Pelajari cara membuat dan mengelola Iklanku untuk meningkatkan penjualan.
Untuk mempromosikan Shopee Live Anda, Anda perlu menyiapkan dan membuat Iklan Live. Dengan beberapa langkah sederhana, Anda akan dapat mengatur dan mulai menjalankan Iklan Live Anda melalui Ruangan Live Streaming melalui Aplikasi Shopee atau melalui Seller Centre pada Web.
A. Cara Membuat Iklan Live melalui Seller Centre
4. Pilih jenis Iklan Live
5. Tentukan Nama, Modal, dan Periode Iklan
Modal adalah biaya maksimum yang perlu Anda bayar. Anda dapat mengatur modal Anda dengan opsi berikut:
Tentukan batasan modal Anda dengan opsi berikut:
Pastikan saldo iklan Anda cukup agar iklan dapat terus berjalan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Untuk periode, Anda dapat memilih dua opsi berikut:
6. Tentukan Strategi Iklan
Iklan Live akan berjalan dengan menyesuaikan Strategi Iklan berdasarkan tujuan yang Anda pilih. Anda dapat memilih antara “Meningkatkan Penonton” atau “Tingkatkan Penjualan” (untuk Penjual terpilih) sebagai tujuan Anda saat menyiapkan Iklan Live.
(Pengaturan Strategi Iklan di Seller Centre)
Dengan strategi ini, Shopee secara otomatis mengoptimalkan penayangan iklan Anda ke berbagai audiens untuk meningkatkan exposure dan memaksimalkan penayangan live streaming Anda sesuai anggaran dan periode yang ditentukan.
Dengan strategi ini, Shopee secara otomatis mengidentifikasi audiens dengan potensi pembelian lebih tinggi, menargetkan performa penjualan yang optimal sesuai anggaran dan durasi yang ditentukan.
7. Klik Aktifkan Iklan
B. Cara Membuat Iklan Live melalui Aplikasi Shopee
(Shopee Live Room)
2. Buat Nama Iklan, Tanggal, Periode, dan Modal
Iklan Anda akan berjalan sesuai dengan periode waktu yang dijadwalkan, sesuai dengan rentang tanggal yang Anda atur. Iklan Anda akan berhenti jika beberapa hal berikut terjadi:
3. Pilih Tujuan Anda
Pilih tujuan iklan yang sesuai dengan target bisnis Anda, dan Shopee akan menargetkan iklan Anda kepada penonton dengan potensi terbaik yang relevan dengan tujuan Anda. Terdapat dua tujuan iklan yang dapat Anda pilih, Meningkatkan Penonton atau Tingkatkan Penjualan.
FAQ
1. Bagaimana Cara Mengubah Pengaturan Iklan Live yang Sedang Berjalan?
a. Melalui Web - Seller Centre
Nama Iklan pada Iklan Live tidak dapat diubah setelah iklan dibuat. Anda dapat mengubah modal dan periode waktu dari Iklan Live yang sedang berjalan dan dijadwalkan.
b. Melalui Aplikasi Shopee
Shopee Live Room
Jika terdapat promo yang sedang berlangsung ataupun akan berlangsung, Anda dapat mengubah modal dari Iklan Live yang sedang berjalan dan dijadwalkan melalui kolom Modal.
Shopee Live Center
Dalam Live Center, klik tombol Iklan Live untuk mengakses halaman utama Iklan Live. Anda dapat mengubah modal dari Iklan Live yang sedang berjalan dan dijadwalkan melalui kolom Modal pada Halaman Rincian Iklan.
2. Bagaimana Cara untuk Menghentikan Iklan Live?
a. Melalui Web - Seller Centre
b. Melalui Aplikasi Shopee
3. Bagaimana Cara Mengetahui Performa Iklan Live?
Anda dapat mengetahui performa dari Iklan Live Anda hingga 6 bulan ke belakang melalui Web dan hingga 3 bulan ke belakang melalui Aplikasi Shopee. Anda dapat melihat dashboard pada halaman utama Iklan Live di Seller Centre atau Live Center untuk melacak jumlah penonton, pesanan, atau metrik lainnya yang berasal dari iklan Anda.
On Web - Seller Centre
Aplikasi - Live Center
Aplikasi - Live Room
Jika Anda berada pada Shopee Live Room, Anda juga dapat memonitor performa iklan pada hari tersebut dengan mengklik tombol “Iklan Live” dan memilih iklan yang ingin Anda monitor.
4. Apakah Saya Dapat Mengaktifkan Beberapa Iklan Live untuk Satu Siaran Shopee Live?
Ya, Anda dapat mengaktifkan beberapa Iklan Live untuk Siaran Live Anda melalui Aplikasi maupun Website. Jika Anda akan melakukan Siaran Live berdurasi panjang dan memilih untuk menargetkan iklan Anda kepada beberapa Pembeli spesifik, Anda dapat menjadwalkan iklan yang ditayangkan di awal sesi Siaran Live dan iklan lainnya menjelang akhir Siaran Live Anda. Cara ini akan mempermudah Anda untuk menarik perhatian dan meningkatkan jumlah Penonton saat periode puncak promo.
Contoh tujuan penggunaan beberapa Iklan Live secara bersamaan:
Catatan: jika Anda ingin membuat beberapa Iklan Live secara bersamaan, pengaturan ini hanya tersedia di Seller Centre.
Apakah halaman ini membantu?
A. Cara Membuat Iklan Live melalui Seller Centre
B. Cara Membuat Iklan Live melalui Aplikasi Shopee
FAQ
Untuk mempromosikan Shopee Live Anda, Anda perlu menyiapkan dan membuat Iklan Live. Dengan beberapa langkah sederhana, Anda akan dapat mengatur dan mulai menjalankan Iklan Live Anda melalui Ruangan Live Streaming melalui Aplikasi Shopee atau melalui Seller Centre pada Web.
A. Cara Membuat Iklan Live melalui Seller Centre
4. Pilih jenis Iklan Live
5. Tentukan Nama, Modal, dan Periode Iklan
Modal adalah biaya maksimum yang perlu Anda bayar. Anda dapat mengatur modal Anda dengan opsi berikut:
Tentukan batasan modal Anda dengan opsi berikut:
Pastikan saldo iklan Anda cukup agar iklan dapat terus berjalan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Untuk periode, Anda dapat memilih dua opsi berikut:
6. Tentukan Strategi Iklan
Iklan Live akan berjalan dengan menyesuaikan Strategi Iklan berdasarkan tujuan yang Anda pilih. Anda dapat memilih antara “Meningkatkan Penonton” atau “Tingkatkan Penjualan” (untuk Penjual terpilih) sebagai tujuan Anda saat menyiapkan Iklan Live.
(Pengaturan Strategi Iklan di Seller Centre)
Dengan strategi ini, Shopee secara otomatis mengoptimalkan penayangan iklan Anda ke berbagai audiens untuk meningkatkan exposure dan memaksimalkan penayangan live streaming Anda sesuai anggaran dan periode yang ditentukan.
Dengan strategi ini, Shopee secara otomatis mengidentifikasi audiens dengan potensi pembelian lebih tinggi, menargetkan performa penjualan yang optimal sesuai anggaran dan durasi yang ditentukan.
7. Klik Aktifkan Iklan
B. Cara Membuat Iklan Live melalui Aplikasi Shopee
(Shopee Live Room)
2. Buat Nama Iklan, Tanggal, Periode, dan Modal
Iklan Anda akan berjalan sesuai dengan periode waktu yang dijadwalkan, sesuai dengan rentang tanggal yang Anda atur. Iklan Anda akan berhenti jika beberapa hal berikut terjadi:
3. Pilih Tujuan Anda
Pilih tujuan iklan yang sesuai dengan target bisnis Anda, dan Shopee akan menargetkan iklan Anda kepada penonton dengan potensi terbaik yang relevan dengan tujuan Anda. Terdapat dua tujuan iklan yang dapat Anda pilih, Meningkatkan Penonton atau Tingkatkan Penjualan.
FAQ
1. Bagaimana Cara Mengubah Pengaturan Iklan Live yang Sedang Berjalan?
a. Melalui Web - Seller Centre
Nama Iklan pada Iklan Live tidak dapat diubah setelah iklan dibuat. Anda dapat mengubah modal dan periode waktu dari Iklan Live yang sedang berjalan dan dijadwalkan.
b. Melalui Aplikasi Shopee
Shopee Live Room
Jika terdapat promo yang sedang berlangsung ataupun akan berlangsung, Anda dapat mengubah modal dari Iklan Live yang sedang berjalan dan dijadwalkan melalui kolom Modal.
Shopee Live Center
Dalam Live Center, klik tombol Iklan Live untuk mengakses halaman utama Iklan Live. Anda dapat mengubah modal dari Iklan Live yang sedang berjalan dan dijadwalkan melalui kolom Modal pada Halaman Rincian Iklan.
2. Bagaimana Cara untuk Menghentikan Iklan Live?
a. Melalui Web - Seller Centre
b. Melalui Aplikasi Shopee
3. Bagaimana Cara Mengetahui Performa Iklan Live?
Anda dapat mengetahui performa dari Iklan Live Anda hingga 6 bulan ke belakang melalui Web dan hingga 3 bulan ke belakang melalui Aplikasi Shopee. Anda dapat melihat dashboard pada halaman utama Iklan Live di Seller Centre atau Live Center untuk melacak jumlah penonton, pesanan, atau metrik lainnya yang berasal dari iklan Anda.
On Web - Seller Centre
Aplikasi - Live Center
Aplikasi - Live Room
Jika Anda berada pada Shopee Live Room, Anda juga dapat memonitor performa iklan pada hari tersebut dengan mengklik tombol “Iklan Live” dan memilih iklan yang ingin Anda monitor.
4. Apakah Saya Dapat Mengaktifkan Beberapa Iklan Live untuk Satu Siaran Shopee Live?
Ya, Anda dapat mengaktifkan beberapa Iklan Live untuk Siaran Live Anda melalui Aplikasi maupun Website. Jika Anda akan melakukan Siaran Live berdurasi panjang dan memilih untuk menargetkan iklan Anda kepada beberapa Pembeli spesifik, Anda dapat menjadwalkan iklan yang ditayangkan di awal sesi Siaran Live dan iklan lainnya menjelang akhir Siaran Live Anda. Cara ini akan mempermudah Anda untuk menarik perhatian dan meningkatkan jumlah Penonton saat periode puncak promo.
Contoh tujuan penggunaan beberapa Iklan Live secara bersamaan:
Catatan: jika Anda ingin membuat beberapa Iklan Live secara bersamaan, pengaturan ini hanya tersedia di Seller Centre.
Apakah halaman ini membantu?
Saran
Saran