Testimoni

[Fashion Bayi & Anak] Mendulang Sukses dengan Iklan Shopee

Awal Perjalanan Kiosbalitafawa


Bermula sebagai kegiatan sampingan untuk mengisi kekosongan waktu kuliah, Kiosbalitafawa kini berhasil menjadi salah satu toko Fashion Bayi & Anak yang tersohor di Shopee. Menapaki langkah dengan pelan tapi pasti, Lia Marlina berusaha untuk bertahan dan berkembang hingga tahun ke-5 di platform Shopee. Kegiatan iseng yang terus ia tekuni ini mengubahnya dari seseorang yang tidak begitu menyukai berjualan hingga bisa menjadi wirausahawan dengan 35 karyawan. Didorong oleh keinginan untuk terus memperbaiki bisnisnya, Kak Lia mengembangkan Kiosbalitafawa dengan pesat hingga menyentuh jumlah produk ready stock sebanyak 1.200 buah. “Prioritasku adalah kepuasan Pembeli, kalau akhirnya kecewa setidaknya aku bisa memberi solusi sebagai bentuk kompensasi,” ujar Kak Lia ketika menyampaikan prinsip yang ia pegang teguh hingga saat ini.


Perjalanan Kiosbalitafawa adalah proses yang panjang bagi Kak Lia. Keterbatasan ilmu tentang foto produk, tidak adanya strategi yang pasti, hingga komplain dari Pembeli tidak mematahkan semangat Kak Lia dalam membangun Kiosbalitafawa. Hal itu justru ia jadikan sebagai koreksi yang perlu digaris bawahi untuk perbaikan toko Shopee miliknya. Kegigihan tersebut lambat laun menampakkan hasil yang memuaskan. Kak Lia mampu merekrut karyawan untuk membantu operasional Kiosbalitafawa, sehingga ia bisa sekaligus mengawasi segala prosesnya dari awal sampai akhir. Tanpa mengesampingkan realita, Kak Lia menyadari bahwa bisnis Fashion Bayi & Anak di Shopee memiliki potensi yang meluas. Oleh karena itu, ia terus memantau siklus tren produk agar Kiosbalitafawa tidak kalah saing dengan toko-toko lain. Ia mencari cara agar tokonya mendapat sorotan yang lebih dibanding Penjual lain. Dalam usahanya untuk mengulik inovasi yang bisa membantu mendongkrak keuntungan dari Kiosbalitafawa, Kak Lia menemukan salah satu fitur Shopee yang cukup menjanjikan, yaitu Iklan Shopee.


Bagaimana Iklan Shopee Membantu Kiosbalitafawa


Semenjak menggunakan Iklan Shopee secara rutin di tahun 2020, Kak Lia mengaku bahwa ia mengalami kenaikan omzet sekitar 20-40%. “Iklan Shopee itu, kalau gak untung berarti buntung. Antara dua itu, tergantung seberapa pintar kita untuk atur strategi iklan. Harus banyak trial and error. Sekali saja gak cukup”, ujarnya. Ia menambahkan bahwa untuk setiap produknya dibutuhkan sekitar 3x trial and error sebelum akhirnya mendapatkan strategi yang pas dalam beriklan. Di balik keberhasilan iklan Kiosbalitafawa, hasil yang kurang memuaskan pun tidak luput terjadi dalam prosesnya. Tetap mencoba dan belajar dari kesalahan sebelumnya demi mendapatkan hasil yang lebih baik menjadi langkah pasti yang dilakukan oleh Kak Lia.


Selain tekadnya yang teguh, kemudahan fitur Iklan Shopee juga mendukung Kak Lia untuk bisa beriklan dengan optimal. Ia mengaku bahwa Iklan Shopee menampilkan rincian performa iklan dan performa produk yang sangat jelas dan informatif. “Bahkan Penjual bisa melihat produk yang dibeli melalui klik dari iklan produk lain di toko masing-masing,” ujar Kak Lia yang merasa bahwa rincian yang tertera pada halaman Iklan Shopee sangat membantunya dalam menentukan strategi iklan. Terjaganya kualitas dan pelayanan yang ditawarkan oleh Kiosbalitafawa menjadi sangat tepat ketika dikombinasikan dengan penggunaan Iklan Shopee, sehingga produk dari toko Kak Lia dapat tampil di posisi atas halaman pencarian Shopee. Tujuan utama Kak Lia dalam memasang iklan adalah untuk meningkatkan exposure dari Kiosbalitafawa agar bisa mendongkrak popularitas toko dan menjaring Pembeli yang tidak hanya melihat harga, tetapi juga profil toko yang terpercaya dan lengkap. “Kalau Pembeli nggak langsung belanja, setidaknya dia tahu kalau di Shopee itu ada toko baju anak dengan harga relatif murah dan banyak pilihan produk, lalu mengikuti tokoku atau like produkku. Mungkin nanti dia bisa mampir lagi di lain waktu.”


Fitur Iklan yang Digunakan Kiosbalitafawa


Dalam menggunakan Iklan Shopee, Kak Lia memanfaatkan dua fitur Iklan Shopee yang ia rasa cocok dengan Kiosbalitafawa, yaitu Iklan Kata Kunci dan Iklan Produk Serupa. Sedangkan, untuk fitur Iklan Toko, ia mengaku saat ini belum sesuai untuk digunakan karena belum adanya branding toko. Namun, Kak Lia juga tidak memungkiri bahwa ia akan menggunakan fitur tersebut ketika branding toko Kiosbalitafawa sudah dikembangkan. 


Menyadari seberapa besar pengaruh iklan terhadap toko Shopee miliknya, Kak Lia pun terdorong untuk beriklan setiap hari. Walaupun demikian, Kak Lia mengatur modal iklan yang berbeda setiap harinya tergantung pada traffic dan jam ramai Kiosbalitafawa. Selain pengaturan modal iklan, hal penting lain yang disadari oleh Kak Lia dari proses trial and error dalam beriklan adalah pemilihan produk yang tepat untuk diiklankan. Ia memilih produk terlaris Kiosbalitafawa untuk diiklankan karena merasa strategi tersebut mendatangkan konversi yang baik bagi tokonya.


Mengiklankan produk terlaris yang didukung dengan pemilihan kata kunci yang tepat menjadi kombinasi unggulan dalam beriklan. Untuk itu, Kak Lia melakukan riset kata kunci pada kategori Fashion Bayi & Anak agar mendapatkan formula yang tepat untuk iklan Kiosbalitafawa. Riset yang dilakukan oleh Kak Lia tersebut bermanfaat untuk menargetkan Pembeli yang memang mencari produk secara spesifik untuk langsung dibeli. Kak Lia mengatakan bahwa tidak ada metrik baku yang ia jadikan sebagai patokan dalam memonitor iklannya. Ia selalu bergerak mengikuti tren untuk meminimalisir kerugian dalam beriklan. “Perbaiki kualitas foto, judul, dan deskripsi agar jelas dan Pembeli tidak ragu-ragu saat melihat produk. Produk dengan ukuran tidak lengkap/hampir habis tidak saya iklankan,” imbuhnya.


Kak Lia juga mengatakan bahwa dalam beriklan, sangat dibutuhkan kejelian dan pengaturan strategi yang tepat untuk tiap produknya. Tidak lupa untuk didukung dengan penggunaan fitur promosi lainnya, seperti Promosi Toko, Voucher Toko, Kombo Hemat, dll. “Gak usah takut keluar uang banyak, ya. Keluar uang itu pasti, gak bisa dihindari. Anggap saja itu biaya belajar. Justru kalau kita sudah dapat formula yang tepat, pesanan akan meningkat. Tapi saat kita menyerah atau merasa dirugikan, maka saat itulah makna rugi yang sebenarnya. Tidak belajar dari kesalahan dan berhenti di tengah jalan adalah suatu kesalahan, karena kita tidak tahu kalau jalan menuju pesanan ramai sedikit lagi akan tercapai,” ujarnya.



Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak