Testimoni

[Fashion] Pakai Iklan Shopee, Jumlah Pesanan Meningkat Hingga 70% Saat Pandemi!

Awal Perjalanan Okechuku


Sebelum memulai bisnisnya di Shopee lima tahun lalu, Okechuku sudah bergerak di bidang fashion dengan berjualan di departement store dan memproduksi beberapa brand yang cukup terkenal. Saat ini, Okechuku mempunyai belasan orang karyawan yang terdiri dari bagian operasional online termasuk admin toko, dengan Kak Christian sebagai pemilik. Peran Kak Christian sebagai pemilik toko meliputi perencanaan pengembangan produk dan kampanyetoko. Kak Christian memiliki harapan yang besar untuk bisnisnya, antara lain untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi Pembeli dan dapat terus berkembang di kemudian hari dengan menjadi brand yang dikenal dan disukai banyak orang.


Beriklan di Shopee


Untuk mempromosikan produk dan tokonya, Kak Christian menggunakan Iklan Shopee. Berawal dengan pengetahuan yang minim akan fitur Iklan Shopee, Kak Christian tidak mengenal lelah untuk terus belajar sampai ia menemukan trik dan cara penggunaan iklan yang baik untuk dipantau setiap harinya. Hal yang paling disukai Kak Christian dalam beriklan di Shopee adalah fitur yang dapat menganalisa kinerja iklan yang sangat membantunya dalam mempelajari performa iklan. “Dengan menggunakan Iklan Shopee, terjadi peningkatan penjualan yang signifikan. Terbukti dengan jumlah pesanan yang meningkat sekitar 70% bahkan di awal pandemi tahun ini,” ujar Kak Christian, yang mulai menggunakan Iklan Shopee secara konsisten di awal tahun 2020 hingga sekarang.


Menjalankan dan Mengelola Iklan di Shopee


Kak Christian menggunakan Iklan Kata Kunci dan Iklan Produk Serupa karena berpengaruh untuk meningkatkan traffic yang signifikan dengan mengaktifkan iklannya setiap hari. Produk yang dipilih Kak Christian untuk dipromosikan melalui Iklan Shopee antara lain produk terlaris (yang saat ini diminati dan paling banyak terjual di toko) serta produk yang paling banyak dicari. Dalam menentukan biaya-per-klik, Kak Christian mengikuti biaya rekomendasi dari Shopee untuk mendapatkan posisi iklan yang terbaik. Sementara itu, untuk pemilihan kata kunci Kak Christian menggunakan kata kunci yang direkomendasikan oleh Shopee dengan volume pencarian yang tinggi. Kemudian, Kak Christian menggunakan tipe Pencocokan Luas karena performa iklannya yang membantu dalam meningkatkan pesanan. Dalam menentukan biaya iklan, Kak Christian menggunakan biaya iklan yang sudah dianggarkan untuk setiap harinya. Jika hasilnya memuaskan, Kak Christian akan menambah anggaran biaya iklannya.


Setelah mengatur iklan, Kak Christian tidak lupa untuk memonitor performa iklannya setiap hari dengan memperhatikan beberapa metrik seperti Persentase Klik, CIR (Cost-to-Income-Ratio) atau Persentase Pengeluaran Biaya Iklan terhadap Omzet Penjualan, serta Efektivitas Iklan. Dengan begitu, tips ideal Kak Christian dalam beriklan meliputi optimasi Persentase Klik dan Efektivitas Iklan yang tinggi, serta memiliki CIR yang rendah. Kak Christian juga menambahkan, “Dalam melakukan optimasi, diperlukan analisis untuk setiap produk. Hal ini dapat dilihat dari foto dan harga produk, atau faktor lain yang dinilai kurang menarik minat Pembeli”.


Pada akhir testimoninya, Kak Christian menyetujui bahwa Iklan Shopee adalah salah satu sarana yang diberikan Shopee untuk membantu meningkatkan penjualan. Kak Christian juga menyarankan kepada Penjual lain untuk tidak takut beriklan. “Kita berinvestasi untuk kemajuan toko kita. Jangan cepat menyerah, terus semangat, dan pelajari fitur Iklan Shopee agar hasilnya baik,” ujar Kak Christian.

Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak