Testimoni

[Sepatu Wanita] Omzet & Pengikut Toko Naik Berkat Iklan Shopee!

Awal Perjalanan BorneoXavyera


Setelah resign dari salah satu bank BUMD di awal tahun 2015, Pak Indra Lesmana mulai menekuni bisnis sepatu BorneoXavyera yang diawali dari acara Car Free Day setiap hari Minggu. Omzet yang ternyata cukup menggembirakan mendorong Pak Indra untuk menyewa toko di dekat Kampus Mercubuana pada pertengahan 2015. Pada Oktober 2016, Pak Indra memutuskan untuk mengembangkan bisnisnya dengan berjualan di Shopee setelah sebelumnya hanya berjualan online melalui Instagram & Facebook. Pelan tapi pasti, BorneoXavyera terus mengalami kenaikan penjualan secara pesat. Bermula dari 2-5 pesanan per hari, saat ini toko Shopee milik Pak Indra mampu menembus ratusan pesanan per harinya.


Dibantu oleh 5 orang karyawan untuk mengatur kegiatan operasional toko, Pak Indra berbagi tugas dalam menjalankan BorneoXavyera. Dalam perjalanannya, ia memiliki peran utama untuk menentukan strategi pemasaran, di samping sebagai admin dan bagian packing. Menolak untukberhenti berinovasi, Pak Indra terus memperluas strategi pemasaran agar tokonya tidak kalah dengan Penjual lain hingga pada akhirnya ia menemukan salah satu fitur promosidi Shopee yang menawarkan visi dan misi yang sama dengannya yaitu, fitur Iklan Shopee.


Beriklan di Shopee


Menggunakan fitur Iklan Shopee selama kurang lebih dua tahun ke belakang, Pak Indra mengakuShopee menyuguhkan visibilitas produk yang lebih baik dari platform lainnya. Kondisi tersebut mendatangkan hasil positif bagi BorneoXavyera, berupa kenaikan omzet sekitar 30-40% per bulan dan juga peningkatan jumlah pengikuttoko sebesar 3.000 per bulannya. “Dengan adanya Iklan Shopee, menjangkau Pembeli potensial jadi lebih mudah dibarengi dengan kemudahan untuk visibilitas produk baru ke pasar”, ujar pak Indra. Hal ini selaras dengan tujuan beriklan yang ingin dicapai oleh Pak Indra, yaitu kenaikan penjualan dan pengenalan produk & toko ke Pembeli.


Dalam beriklan di Shopee, Pak Indra menggunakan Iklan Kata Kunci dan Iklan Produk Serupa setiap harinya. Untuk hasil yang maksimal, ia memilih 10 produk terlaris BorneoXavyera untuk diiklankan. “Produk tersebut memiliki penilaian yang banyak dan bagus, sehingga lebih meyakinkan Pembeli ketika melihat produk tersebut”, alasannya. Pemilihan produk terlaris untuk diiklankan perlu didukung dengan pemilihan kata kunci yang tepat. Untuk itu, Pak Indra terlebih dahulu melakukan riset pada produk terlaris sejenis seperti sneakers, sepatu kanvas, dll agar menemukan kombinasi kata kunci yang pas untuk produknya. Melakukan riset terlebih dahulu bermanfaat untuk menarik Pembeli yang memang mencari produk secara spesifik untuk langsung dibeli.


Selain riset pasar, strategi dalam beriklan yang diterapkan oleh Pak Indra adalah penyesuaian modal harian per produk. Penyesuaian ini mengikuti performa dari masing-masing produk yang diiklankan. Modal harian yang lebih besar dialokasikan pada produk dengan omzet yang lebih tinggi supaya iklan berjalan lebih lama. Pak Indra menuturkan bahwa mengecek performa Iklan Shopee perlu dilakukan secara rutin untuk terus mengikuti perubahan biaya rekomendasi kata kunci yang dipilih. Pengecekan ini ia lakukan berdasarkan grafik statistik keseluruhan Iklan Shopee, “Pengecekan rutin rekomendasi biaya minimal yang dikeluarkan untuk Efektivitas Iklan perlu dilakukan, dengan melihat grafik statistik keseluruhan dan rasio per klik dari masing-masing produk dibandingkan dengan jumlah pesanan yang dibuat.” imbuhnya.


Sedikit tips yang bisa Pak Indra berikan adalah untuk mengiklankan produk yang memiliki banyak penilaian baik, serta mengatur biaya-per-klik sesuai dengan rekomendasi sistem supaya produk bisa muncul di halaman awal pencarian Shopee. Pak Indra juga menambahkan bahwa “Iklan Shopee merupakan fitur yang sangat membantu dalam meningkatkan visibilitas produk, toko, dan pastinya meningkatkan penjualan sehari-hari. Sekali mencoba pasti ketagihan”. Yuk, coba!


Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak