Testimoni

Cerita Sukses Menggunakan Iklan Shopee Selepas PHK dari Owner IndoPowder

IndoPowder mulai berjalan pada tahun 2018 setelah masa PHK yang dialami oleh Pak Heilman. Diharuskan keadaan untuk melepas posisi sebagai Manager Manufacturing Excellence di kantor sebelumnya, Pak Heilman akhirnya mencoba untuk berjualan bubuk minuman secara online di berbagai platform, termasuk Shopee. Pada awalnya, beliau hanya menjual beberapa kilogram bubuk dan varian minuman saja, hingga sekarang ini beliau dapat menjual sekitar 80-90 varian bubuk dan topping minuman.


Pak Heilman sudah menggunakan Iklan Shopee untuk mendongkrak penjualannya sejak 2018, yaitu ketika ia mulai berjualan di Shopee. Pemilik IndoPowder ini mulai menggunakan Iklan Shopee sejak beliau melihat bahwa angka penjualannya lebih rendah dari yang diharapkan. Setelah mencoba menggunakan Iklan Shopee, penjualan naik sedikit demi sedikit sehingga beliau tetap menggunakannya hingga hari ini.


Tujuan utama Pak Heilman dalam beriklan di Iklan Shopee adalah untuk:

  1. Meningkatkan jumlah penjualan
  2. Meningkatkan interaksi dengan pengguna Shopee sehingga mereka dapat lebih mengenal IndoPowder


Lebih lanjut, Pak Heilman mengatakan dengan menggunakan Iklan Shopee, produk yang kita iklankan akan lebih mudah dilihat dan dikenal oleh pengguna. Hal ini meningkatkan potensi pengguna untuk membeli produk IndoPowder karena produk kita mudah ditemukan. Dengan demikian, target penjualan yang ditentukan dapat tercapai.


Perkembangan bisnis IndoPowder semakin pesat setelah menggunakan Iklan Shopee. Jika pada awalnya Pak Heilman melakukan pengemasan sendiri, saat ini beliau telah memiliki beberapa karyawan.


Setelah menggunakan Iklan Shopee perbedaan paling signifikan yang dirasakan Pak Heilman ialah peningkatan yang tajam pada penjualan beliau, bahkan melebihi 100% dibandingkan dengan sebelum menggunakan Iklan Shopee.


Sebagai pengguna setia Iklan Shopee, Pak Heilman beriklan setiap saat dan setiap waktu. Beliau menggunakan semua tipe iklan yakni Iklan Pencarian Produk, Iklan Pencarian Toko, dan Iklan Produk Serupa. Pada Iklan Pencarian Produk, ia menggunakan kata kunci yang sering digunakan oleh pengguna, lalu menentukan biaya-per-klik sesuai rekomendasi Shopee.


Tips pemilihan produk yang diiklankan oleh Pak Heilman agar iklan memberikan performa yang baik:

  1. Produk dengan angka penjualan yang tinggi
  2. Produk yang sering dicari oleh pengguna
  3. Produk yang memiliki tingkat margin keuntungan yang tinggi


Untuk pengaturan iklan, Pak Heilman memilih Modal dan Periode tanpa batas agar waktunya lebih efisien terhadap iklan yang akan berjalan. Mulanya, Pak Heilman menggunakan harga yang disarankan Iklan Shopee namun seiring berjalannya waktu, beliau akan meninjau biaya-per-klik guna menyesuaikan dengan peringkat rata-rata produk.


Dalam penggunaan Iklan Pencarian, Pak Heilman awalnya menggunakan kata kunci yang disarankan Iklan Shopee, kemudian beliau menambahkan dengan kata kunci yang sering dicari oleh pengguna. Sedikit tips dari Pak Heilman, kata kunci tambahan ini dapat dicari pada Google Trends.


Lalu, untuk Jenis Pencocokan kata kunci. Berikut ini Tipe pencocokan yang digunakan Pak Heilman pada Iklan Shopeenya:


  1. Menggunakan Pencocokan Luas untuk produk-produk yang memiliki tingkat penjualan tinggi.
  2. Menggunakan Pencocokan Spesifik untuk produk-produk yang memiliki tingkat penjualan rata-rata.


Untuk saat ini, hampir semua produk yang ada di IndoPowder diiklankan menggunakan Iklan Shopee, kecuali beberapa produk dengan tingkat margin keuntungan sangat kecil. Pengecekan dan optimalisasi iklan dilakukan oleh Pak Heilman seminggu sekali atau sesegera mungkin ketika tingkat penjualan menurun dari rata-rata penjualan harian. Beliau melakukan pengecekan secara berkala juga melihat peringkat rata-rata produk, menyesuaikan biaya per klik dan menambah beberapa kata kunci yang mungkin luput saat pertama kali iklan tersebut dibuat.


Secara singkat, Pak Heilman meringkas pengalamannya menggunakan Iklan Shopee dibawah ini:


“Iklan Shopee membuat IndoPowder Amazing. Untuk penjual lain yang belum menggunakan Iklan Shopee, Iklankan sekarang!”


Pak Heilman Pemilik IndoPowder


Ayo Ikuti Jejak Perjalanan IndoPowder bersama Iklan Shopee!

Buat Iklan Shopee Anda sekarang juga Disini






Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak