Inspirasi
Dapatkan inspirasi dari cerita kesuksesan Penjual Shopee dan pelajari bagaimana Iklan Shopee dapat berguna untukmu.
Keinginan untuk mewujudkan mimpi memang tidak dapat dipungkiri. Hal tersebut dibuktikan oleh Pak Heilman yang berhasil mewujudkan mimpinya sejak duduk di bangku kuliah untuk menjadi pengusaha. Terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) tidak membuatnya berkecil hati, tapi justru membangkitkan semangat Pak Heilman untuk mencapai impian masa kuliahnya. Kegigihan Pak Heilman membuahkan hasil. Beliau berhasil mendirikan IndoPowder dengan modal yang berasal dari uang pesangonnya. Mengutip kata-kata Pak Heilman, "Mungkin PHK adalah cara Yang Mahakuasa memberikan jalan bagi saya untuk menggapai impian.”
Bisnisnya dimulai selepas PHK yang dialami beliau pada tahun 2018 dari perusahaan tempatnya bekerja, karena adanya perampingan oleh manajemen global. Padahal, waktu itu, Pak Heilman telah menempati posisi yang cukup tinggi di perusahaannya, yakni Manager Manufacturing Excellence.
Lalu, Pak Heilman mencoba berjualan bubuk minuman secara online di berbagai platform, termasuk Shopee. Pada awalnya, beliau hanya menjual beberapa kg bubuk dan varian minuman, hingga sekarang ini beliau menjual sekitar delapan puluh hingga sembilan puluh varian bubuk dan topping minuman.
Sebelum memulai bisnis tersebut, pemilik IndoPowder ini pernah mencoba peruntungan di berbagai bidang usaha, yaitu kedai minuman teh, susu kedelai, dan cendol. Selain ketiga usaha tersebut, beliau juga pernah mencoba berjualan jilbab secara online, menulis buku marketing online dengan media sosial dan juga menjualnya secara online. Ia juga pernah mengelola beberapa franchise, seperti franchise makanan ringan Jepang. Akan tetapi, semuanya belum benar-benar membuahkan hasil. Keadaan berubah setelah Pak Heilman memulai bisnis bubuk minuman ini dan beliau merasa ‘klik’. Hasilnya, ditambah dengan digunakannya Iklanku oleh Pak Heilman dalam mempromosikan produk, dapat dikatakan bahwa bisnis ini menghasilkan lebih banyak dibandingkan dengan bisnis-bisnis sebelumnya. Dibutuhkan perjalanan yang cukup panjang hingga akhirnya Pak Heilman bisa memiliki tim beranggotakan sebelas orang pegawai yang terdiri dari tenaga administrasi, tenaga pengemasan, dan tenaga pengiriman.
Sebagai pemilik usaha, Pak Heilman cenderung banyak berperan dalam kegiatan pengembangan bisnis, sedangkan operasional harian didelegasikan kepada tim IndoPowder. Harapannya, toko IndoPowder dapat menjadi yang terdepan dalam bisnis bubuk minuman dan dapat menjangkau seluruh Indonesia. Di samping itu, Pak Heilman juga berharap bahwa dengan adanya penyuplai bubuk minuman berkualitas baik seperti IndoPowder, semakin banyak usaha minuman yang tumbuh di seluruh Indonesia. Dengan demikian, baik secara langsung maupun tidak langsung, tumbuh lapangan-lapangan kerja yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Pak Heilman mengatakan, "Banyak manfaat yang saya dapat dari beriklan di Iklanku Shopee. Selain membuat toko IndoPowder semakin dikenal oleh masyarakat, jumlah penjualan pun meningkat tajam dibanding sebelum menggunakan Iklanku Shopee.” Ia menambahkan, "Secara keseluruhan, fitur-fiturnya cukup mudah digunakan. Iklanku Shopee mampu memberikan berbagai saran untuk penggunanya, seperti biaya per klik dan kata kunci yang sangat membantu bagi pemula yang ingin mengiklankan produknya dengan Iklanku Shopee."
Pak Heilman sudah menggunakan Iklanku untuk mendongkrak penjualannya sejak 2018, yaitu ketika ia mulai berjualan di Shopee. Pemilik IndoPowder ini mulai menggunakan Iklanku sejak beliau melihat bahwa angka penjualannya lebih rendah dari yang diharapkan. Setelah mencoba menggunakan Iklanku, penjualan naik sedikit demi sedikit sehingga beliau tetap menggunakannya hingga hari ini.
Tujuan utama Pak Heilman dalam beriklan di Iklanku adalah untuk:
Lebih lanjut, Pak Heilman mengatakan, "Dengan menggunakan Iklanku, produk yang kita iklankan akan lebih mudah dilihat dan dikenal oleh pengguna. Hal ini meningkatkan potensi pengguna untuk membeli produk IndoPowder karena produk kita mudah ditemukan. Dengan demikian, target penjualan yang telah kita tentukan dapat tercapai.”
Perkembangan bisnis IndoPowder semakin pesat setelah menggunakan Iklanku. Jika pada awalnya Pak Heilman melakukan pengepakan sendiri, saat ini, beliau telah memiliki beberapa karyawan.
Perbedaan paling signifikan yang dirasakan Pak Heilman setelah menggunakan Iklanku yaitu peningkatan yang tajam pada penjualan beliau, bahkan melebihi 100%, dibandingkan dengan sebelum menggunakan Iklanku.
Sebagai pengguna setia Iklanku, Pak Heilman beriklan setiap saat dan setiap waktu. Beliau menggunakan semua tipe iklan, yakni Iklan Kata Kunci, Iklan Produk Serupa, dan Iklan Toko dalam beriklan dengan Iklanku. Pada Iklan Kata Kunci, ia menggunakan kata kunci yang sering digunakan oleh pengguna, lalu menentukan biaya iklan sesuai rekomendasi dari Shopee.
Tipe produk yang diiklankan Pak Heilman adalah produk dengan angka penjualan yang tinggi, produk yang sering dicari oleh pengguna, dan produk yang memiliki tingkat margin keuntungan yang tinggi. Hal tersebut dilakukan Pak Heilman agar biaya iklan berada di titik yang optimal.
Untuk pengaturan iklannya, Pak Heilman memilih modal dan periode tanpa batas agar waktunya lebih efisien terhadap iklan yang akan berjalan. Mulanya, Pak Heilman menggunakan harga yang disarankan Iklanku. Seiring berjalannya waktu, beliau akan meninjau biaya per klik guna menyesuaikan dengan peringkat rata-rata produk.
Dalam penggunaan Iklan Kata Kunci, Pak Heilman awalnya menggunakan kata kunci yang disarankan oleh Iklanku, kemudian beliau menambahkan dengan kata kunci yang sering dicari oleh pengguna. Sedikit tips dari Pak Heilman, kata kunci tambahan ini dapat dicari pada Google Trends.
Lalu, untuk jenis pencocokan, Pak Heilman menggunakan Pencocokan Luas untuk produk-produk yang memiliki tingkat penjualan tinggi dan Pencocokan Spesifik untuk produk-produk yang memiliki tingkat penjualan rata-rata. Kedua hal tersebut dilakukannya untuk mengefisienkan biaya iklannya.
Untuk saat ini, hampir semua produk yang ada di IndoPowder diiklankan menggunakan Iklanku Shopee, kecuali beberapa produk dengan tingkat margin keuntungan sangat kecil. Pengecekan dan optimalisasi iklan dilakukan oleh Pak Heilman seminggu sekali atau sesegera mungkin ketika tingkat penjualan menurun dari rata-rata penjualan harian. Beliau melakukan pengecekan secara berkala, juga melihat peringkat rata-rata produk, menyesuaikan biaya per klik dan menambah beberapa kata kunci yang mungkin luput saat pertama kali iklan tersebut dibuat.
Secara singkat, Pak Heilman meringkas pengalamannya menggunakan Iklanku dengan berkata, "Iklanku Shopee membuat IndoPowder amazing." Kepada Penjual lain yang belum menggunakan Iklanku sebelumnya, Pak Herman menyampaikan, "Iklankan sekarang juga atau tidak usah jualan sekalian...ups!"
Apakah halaman ini membantu?
Keinginan untuk mewujudkan mimpi memang tidak dapat dipungkiri. Hal tersebut dibuktikan oleh Pak Heilman yang berhasil mewujudkan mimpinya sejak duduk di bangku kuliah untuk menjadi pengusaha. Terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) tidak membuatnya berkecil hati, tapi justru membangkitkan semangat Pak Heilman untuk mencapai impian masa kuliahnya. Kegigihan Pak Heilman membuahkan hasil. Beliau berhasil mendirikan IndoPowder dengan modal yang berasal dari uang pesangonnya. Mengutip kata-kata Pak Heilman, "Mungkin PHK adalah cara Yang Mahakuasa memberikan jalan bagi saya untuk menggapai impian.”
Bisnisnya dimulai selepas PHK yang dialami beliau pada tahun 2018 dari perusahaan tempatnya bekerja, karena adanya perampingan oleh manajemen global. Padahal, waktu itu, Pak Heilman telah menempati posisi yang cukup tinggi di perusahaannya, yakni Manager Manufacturing Excellence.
Lalu, Pak Heilman mencoba berjualan bubuk minuman secara online di berbagai platform, termasuk Shopee. Pada awalnya, beliau hanya menjual beberapa kg bubuk dan varian minuman, hingga sekarang ini beliau menjual sekitar delapan puluh hingga sembilan puluh varian bubuk dan topping minuman.
Sebelum memulai bisnis tersebut, pemilik IndoPowder ini pernah mencoba peruntungan di berbagai bidang usaha, yaitu kedai minuman teh, susu kedelai, dan cendol. Selain ketiga usaha tersebut, beliau juga pernah mencoba berjualan jilbab secara online, menulis buku marketing online dengan media sosial dan juga menjualnya secara online. Ia juga pernah mengelola beberapa franchise, seperti franchise makanan ringan Jepang. Akan tetapi, semuanya belum benar-benar membuahkan hasil. Keadaan berubah setelah Pak Heilman memulai bisnis bubuk minuman ini dan beliau merasa ‘klik’. Hasilnya, ditambah dengan digunakannya Iklanku oleh Pak Heilman dalam mempromosikan produk, dapat dikatakan bahwa bisnis ini menghasilkan lebih banyak dibandingkan dengan bisnis-bisnis sebelumnya. Dibutuhkan perjalanan yang cukup panjang hingga akhirnya Pak Heilman bisa memiliki tim beranggotakan sebelas orang pegawai yang terdiri dari tenaga administrasi, tenaga pengemasan, dan tenaga pengiriman.
Sebagai pemilik usaha, Pak Heilman cenderung banyak berperan dalam kegiatan pengembangan bisnis, sedangkan operasional harian didelegasikan kepada tim IndoPowder. Harapannya, toko IndoPowder dapat menjadi yang terdepan dalam bisnis bubuk minuman dan dapat menjangkau seluruh Indonesia. Di samping itu, Pak Heilman juga berharap bahwa dengan adanya penyuplai bubuk minuman berkualitas baik seperti IndoPowder, semakin banyak usaha minuman yang tumbuh di seluruh Indonesia. Dengan demikian, baik secara langsung maupun tidak langsung, tumbuh lapangan-lapangan kerja yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Pak Heilman mengatakan, "Banyak manfaat yang saya dapat dari beriklan di Iklanku Shopee. Selain membuat toko IndoPowder semakin dikenal oleh masyarakat, jumlah penjualan pun meningkat tajam dibanding sebelum menggunakan Iklanku Shopee.” Ia menambahkan, "Secara keseluruhan, fitur-fiturnya cukup mudah digunakan. Iklanku Shopee mampu memberikan berbagai saran untuk penggunanya, seperti biaya per klik dan kata kunci yang sangat membantu bagi pemula yang ingin mengiklankan produknya dengan Iklanku Shopee."
Pak Heilman sudah menggunakan Iklanku untuk mendongkrak penjualannya sejak 2018, yaitu ketika ia mulai berjualan di Shopee. Pemilik IndoPowder ini mulai menggunakan Iklanku sejak beliau melihat bahwa angka penjualannya lebih rendah dari yang diharapkan. Setelah mencoba menggunakan Iklanku, penjualan naik sedikit demi sedikit sehingga beliau tetap menggunakannya hingga hari ini.
Tujuan utama Pak Heilman dalam beriklan di Iklanku adalah untuk:
Lebih lanjut, Pak Heilman mengatakan, "Dengan menggunakan Iklanku, produk yang kita iklankan akan lebih mudah dilihat dan dikenal oleh pengguna. Hal ini meningkatkan potensi pengguna untuk membeli produk IndoPowder karena produk kita mudah ditemukan. Dengan demikian, target penjualan yang telah kita tentukan dapat tercapai.”
Perkembangan bisnis IndoPowder semakin pesat setelah menggunakan Iklanku. Jika pada awalnya Pak Heilman melakukan pengepakan sendiri, saat ini, beliau telah memiliki beberapa karyawan.
Perbedaan paling signifikan yang dirasakan Pak Heilman setelah menggunakan Iklanku yaitu peningkatan yang tajam pada penjualan beliau, bahkan melebihi 100%, dibandingkan dengan sebelum menggunakan Iklanku.
Sebagai pengguna setia Iklanku, Pak Heilman beriklan setiap saat dan setiap waktu. Beliau menggunakan semua tipe iklan, yakni Iklan Kata Kunci, Iklan Produk Serupa, dan Iklan Toko dalam beriklan dengan Iklanku. Pada Iklan Kata Kunci, ia menggunakan kata kunci yang sering digunakan oleh pengguna, lalu menentukan biaya iklan sesuai rekomendasi dari Shopee.
Tipe produk yang diiklankan Pak Heilman adalah produk dengan angka penjualan yang tinggi, produk yang sering dicari oleh pengguna, dan produk yang memiliki tingkat margin keuntungan yang tinggi. Hal tersebut dilakukan Pak Heilman agar biaya iklan berada di titik yang optimal.
Untuk pengaturan iklannya, Pak Heilman memilih modal dan periode tanpa batas agar waktunya lebih efisien terhadap iklan yang akan berjalan. Mulanya, Pak Heilman menggunakan harga yang disarankan Iklanku. Seiring berjalannya waktu, beliau akan meninjau biaya per klik guna menyesuaikan dengan peringkat rata-rata produk.
Dalam penggunaan Iklan Kata Kunci, Pak Heilman awalnya menggunakan kata kunci yang disarankan oleh Iklanku, kemudian beliau menambahkan dengan kata kunci yang sering dicari oleh pengguna. Sedikit tips dari Pak Heilman, kata kunci tambahan ini dapat dicari pada Google Trends.
Lalu, untuk jenis pencocokan, Pak Heilman menggunakan Pencocokan Luas untuk produk-produk yang memiliki tingkat penjualan tinggi dan Pencocokan Spesifik untuk produk-produk yang memiliki tingkat penjualan rata-rata. Kedua hal tersebut dilakukannya untuk mengefisienkan biaya iklannya.
Untuk saat ini, hampir semua produk yang ada di IndoPowder diiklankan menggunakan Iklanku Shopee, kecuali beberapa produk dengan tingkat margin keuntungan sangat kecil. Pengecekan dan optimalisasi iklan dilakukan oleh Pak Heilman seminggu sekali atau sesegera mungkin ketika tingkat penjualan menurun dari rata-rata penjualan harian. Beliau melakukan pengecekan secara berkala, juga melihat peringkat rata-rata produk, menyesuaikan biaya per klik dan menambah beberapa kata kunci yang mungkin luput saat pertama kali iklan tersebut dibuat.
Secara singkat, Pak Heilman meringkas pengalamannya menggunakan Iklanku dengan berkata, "Iklanku Shopee membuat IndoPowder amazing." Kepada Penjual lain yang belum menggunakan Iklanku sebelumnya, Pak Herman menyampaikan, "Iklankan sekarang juga atau tidak usah jualan sekalian...ups!"
Apakah halaman ini membantu?
Saran
Saran