Tips

Cara Membuat Iklan Pencarian Toko

Bagaimana cara mengatur Kata Pencarian, Tipe Pencocokan, dan Biaya-per-Klik?


1. Cara mengatur Kata Pencarian:

Gunakan kata pencarian yang cocok untuk foto, slogan, halaman iklan buatan Anda, dan produk yang dijual oleh toko Anda*

  1. Tambah kata pencarian yang relevan dan populer yang direkomendasikan oleh sistem Shopee dan tambah kata pencarian relevan lainnya, termasuk:
  2. Variasi atau sinonim dari kata pencarian yang relevan dengan toko atau kategori toko Anda.
  3. Jika Anda mengarahkan Pembeli ke kategori toko sepatu olahraga, Anda dapat menggunakan kata "sepatu kets", "sepatu olahraga", "sepatu outdoor", dan lainnya.
  4. Jika toko Anda menjual pasta gigi dan ingin mengarahkan Pembeli ke halaman toko, Anda dapat menggunakan kata“pasta gigi",“odol", "odol sensitif", dan lainnya.
  5. Kata pencarian yang menggambarkan aktivitas atau kesempatan di mana produk Anda digunakan.
  6. Jika toko Anda menjual peralatan dan pakaian camping, Anda dapat menggunakan kata "berkemah", "mendaki", dan lainnya.
  7. Gunakan setidaknya 10 kata pencarian.


*Catatan:

Apabila toko Anda tidak memiliki produk yang relevan dengan kata pencarian, Iklan Pencarian Toko Anda tidak akan ditampilkan ke calon Pembeli


2. Cara memilih Tipe Pencocokan:

  1. Gunakan Pencocokan Luas agar iklan dapat menjangkau lebih banyak Pembeli. Gunakan kata yang umum dan biasa digunakan oleh Pembeli. (Misal: "masker wajah" atau "masker kecantikan")
  2. Gunakan Pencocokan Spesifik untuk kata pencarian yang paling relevan dengan Halaman Tujuan Iklan Anda:

-Contoh: jika produk terlaris di toko Anda adalah hijab syar'i, gunakan "hijab syar'i”sebagai kata pencarian dengan Pencocokan Spesifik. Pastikan produk hijab syar'i Anda secara jelas ditampilkan di halaman toko.


3. Pasang biaya per-klik yang kompetitif atau mendekati harga rekomendasi

  1. Pasang biaya per-klik mendekati minimum apabila Anda memiliki keterbatasan biaya. Pantau performa iklan setelah 2 minggu berjalan dan tingkatkan biaya per-klik secara berkala untuk meningkatkan visibilitas iklan.


Bagaimana cara mengatur modal dan periode?

  1. Anda bisa mengatur modal dan periode untuk Iklan Pencarian Toko sebelum mengaktifkan iklan.
  2. Gunakan“Tanpa Batas”untuk Modal dan“Tanpa Batas Waktu" untuk Periode agar iklan terus berjalan.
  3. Jika Anda memiliki keterbatasan biaya, Anda dapat memilih "Tentukan Modal" dan "Tetapkan Tanggal Mulai/Selesai"
  4. Tetapkan Periode Iklan apabila Anda ingin mengaktifkan Iklan Pencarian Toko pada waktu-waktu tertentu, seperti saat Idul Fitri.

  1. Pastikan modal Anda cukup untuk mencapai jumlah dilihat dan jumlah klik yang Anda inginkan; iklan Anda akan berhenti setelah modal iklan Anda habis.
  2. Pastikan modal iklan yang Anda atur setidaknya dapat mendukung hingga 100 klik
  3. Mendapatkan setidaknya 100 klik pada iklanmu dapat memberikan data yang cukup untuk bekal mengoptimalkan pengaturan iklan kedepannya


Bagaimana cara memilih Foto Iklan Pencarian Toko?

  1. Pilih foto yang menarik, berkualitas baik, dan jelas (contoh: memiliki resolusi tinggi, tidak ada watermark, pencahayaan baik, dan fokus).
  2. Jika Anda memilih “Halaman Kategori Toko” sebagai halaman tujuan iklan, gunakan foto yang paling mewakili kategori tersebut.
  3. Jika Anda memilih “Halaman Toko” sebagai halaman tujuan iklan, gunakan foto profil toko atau foto lain yang paling mewakili toko Anda.


Bagaimana cara menentukan Slogan Iklan Pencarian Toko?

  1. Fokus pada keuntungan yang akan didapatkan oleh Pembeli, contoh: “Cerahkan kulitmu dengan skincare berkualitas tinggi”.
  2. Tonjolkan koleksi produk baru atau sesuai musim, contoh: “Baju santai saat liburan ke pantai” atau “Diskon hingga 50% untuk sepatu olahraga hingga 28 Feb”.
  3. Gunakan pernyataan dan hindari menggunakan pertanyaan sebagai slogan.
  4. Hindari penggunaan lebih dari satu tanda seru, emoji, atau simbol tertentu.


Bagaimana cara menentukan Halaman Iklan Buatanmu?

Anda dapat mengarahkan Pembeli ke Halaman Toko atau Halaman Kategori Toko.

  1. Pilih “Halaman Toko” jika Anda ingin Pembeli menjelajahi toko Anda.
  2. Pilih “Halaman Kategori Toko” jika Anda ingin meningkatkan kunjungan dan penjualan untuk produk tertentu.
  3. Jika toko Anda memiliki berbagai kategori toko, Shopee merekomendasikan untuk membuat satu Iklan Pencarian Toko untuk satu kategori toko dan gunakan kata pencarian yang relevan untuk setiap kategori toko.
  4. Anda dapat menggunakan Halaman Kategori Toko yang sudah ada secara otomatis (berdasarkan kategori toko, penjualan, dan koleksi terbaru) atau Anda juga dapat membuat halaman kategori toko yang baru.

Klik di sini untuk mempelajari cara memaksimalkan halaman kategori toko.


Bagaimana cara menentukan Nama Iklan Pencarian Toko?

Nama Iklan Pencarian Toko tidak akan ditampilkan pada halaman Pembeli. Menentukan dan mengatur Nama Iklan Pencarian Toko dapat mempermudah Anda untuk membedakan beberapa iklan.


Tips:

Atur Nama Iklan Toko yang paling mendeskripsikan iklan dengan memasukkan rincian, seperti tujuan iklan, halaman tujuan, dan durasi iklan. Contoh: “Iklan untuk Koleksi Pakaian bulan Mei”.


Apakah bisa memakai kata pencarian apa pun untuk Iklan Pencarian Toko?

Perlu diperhatikan dalam memasang Iklan Pencarian Toko, Anda tidak dapat menggunakan kata pencarian tertentu untuk memberikan Pembeli pengalaman berbelanja yang menyenangkan.

  1. Kata pencarian tertentu adalah kata pencarian yang digunakan Pembeli untuk mencari suatu toko secara spesifik. 

Contoh: Pembeli yang mencari “Brand X” kemungkinan besar akan mencari Toko Resmi Brand X.

Video Tutorial Membuat Iklan Pencarian Toko

Jangan lupa juga untuk menonton video Iklan Shopee lainnya di sini.

Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak
Konten

Bagaimana cara mengatur Kata Pencarian, Tipe Pencocokan, dan Biaya-per-Klik?

Bagaimana cara menentukan Slogan Iklan Pencarian Toko?

Bagaimana cara menentukan Halaman Iklan Buatanmu?

Bagaimana cara menentukan Nama Iklan Pencarian Toko?

Apakah bisa memakai kata pencarian apa pun untuk Iklan Pencarian Toko?