Tips

Panduan Kreatif Untuk Iklan Toko

Foto Iklan Pencarian Toko

  1. Logo harus beresolusi tinggi.
  2. Dilarang mencantumkan watermark, mengombinasikan beberapa foto, atau menggunakan border. Diperbolehkan untuk mencantumkan teks atau gambar lainnya yang tidak disebutkan atau bukan template resmi dari Shopee (khusus untuk promo tertentu).
  3. Direkomendasikan untuk menggunakan logo brandAnda agar semakin dikenal Pembeli. Jika Penjual menggunakan logo brand:
  4. Produk harus mencakup setidaknya 60% dari keseluruhan foto (sebaiknya diposisikan di tengah foto).
  5. Produk harus dalam kondisi belum dikemas.
  6. Pengecualian: produk habis pakai. Contoh: Perawatan & Kecantikan, atau Makanan & Minuman.
  7. Jika logo Anda menggunakan kekayaan intelektual milik Shopee (Contoh: nama brand, logo, konten marketing), logo tersebut harus mengikuti 3 prinsip berikut:
  8. Dilarang menggunakan foto milik Shopee (termasuk logo, maskot, konten marketing, dan lain-lain) dalam persentase yang besar.
  9. Dilarang membuat Pembeli menyalahartikan bahwa toko Anda adalah toko resmi milik Shopee.
  10. Dilarang membuat Pembeli menyalahartikan bahwa toko Anda disponsorioleh Shopee.


Slogan

Syarat Format:

  1. Huruf pertama pada slogan harus huruf kapital.
  2. Dilarang menggunakan huruf kapital secara menyeluruh atau menyatukan semua kata dengan menggunakan huruf kapital sebagai pemisahnya.
  3. Pengecualian: merek dengan seluruh huruf kapital & singkatan umum. Contoh: MANGO, DIY.
  4. Dilarang menggunakan emoji atau simbol, termasuk dan tidak terbatas pada }, ~, ^, {, <, *, @, ;, >.
  5. Dilarang menggunakan tanda seru atau pagar secara berlebihan. Contoh: “Sedang diskon!!!!”; “##Diskon”.
  6. Gunakan tata bahasa yang benar & kalimat yang lengkap.



Syarat Konten:

  1. Konten harus sesuai dengan semua Pembeli Shopee.
  2. Konten harus mencerminkan halaman iklan.
  3. Konten harus ditulis dalam Bahasa Indonesia.
  4. Hindari klaim yang tidak berdasar atau klaim secara objektif. Contoh: “produk terbaik”, “terbukti secara klinis”, “terlaris”, “lihat hasilnya dalam 3 hari”.
  5. Klaim marketing secara subjektif diperbolehkan. 

Contoh: “Pembeli menyukai produk kami”, “Pancarkan kecantikan & kelembaban alami kulit dengan produk kami”.

  1. Hindari clickbait atau bahasa yang seolah menekan Pembeli untuk klik iklan Anda.
  2. Hindari pernyataan yang berlebihan. Contoh: “termurah” & “tercepat”.
  3. Untuk penetapan harga promosi, cantumkan periode & nilai promosi dengan jelas.
  4. Contoh: klaim “selalu diskon” atau “garansi harga termurah” akan ditolak.
  5. Hindari menggunakan link yang mengarahkan Pembeli ke luar aplikasi Shopee.


Konten yang Dilarang

  1. Konten yang mempromosikan sikap anti sosial, vandalisme atau perusakan fasilitas pribadi/umum.
  2. Konten yang mempromosikan produk untuk orang dewasa, kecuali yang berhubungan dengan perencanaan keluarga atau kontrasepsi yang direncanakan.
  3. Konten ujaran kebencian atau mendorong kekerasan/diskriminasi terhadap suatu ras, warna kulit, kebangsaan, agama, disabilitas, jenis kelamin, orientasi seksual, usia, atau kategori lainnya.
  4. Konten yang berkaitan dengan masalah sensitif budaya atau propaganda politik.
  5. Konten dengan rokok atau alkohol.
  6. Kata-kata kotor atau tidak pantas dan ambigu.
  7. Mereferensikan ke brand/toko/produk lain untuk membandingkan atau menyinggung kualitas dan reputasinya.
  8. Konten yang menggunakan logo, merek dagang, hak cipta, atau segala jenis merek lain yang melanggar hak kekayaan intelektual pihak ketiga.
  9. Gambar yang dilarang (selain persyaratan di atas):
  10. Senjata.
  11. Penggambaran yang realistik atau berlebihan tentang kekerasan, kebrutalan, atau hal yang menakutkan.
  12. Luka tubuh.
  13. Gambar yang mensugesti hal-hal seksual, termasuk model yang tidak mengenakan pakaian, berpose atau posisi yang sugestif. 


Syarat untuk Kategori Tertentu

1. Produk Orang Dewasa

Shopee melarang penggunaan slogan atau logo Iklan Pencarian Toko untuk produk seksual, serta produk yang mengklaim dapat “meningkatkan” seksualitas.


Namun, produk kontrasepsi atau yang mendukung perencanaan keluarga boleh dipromosikan.

  1. Slogan iklan hanya boleh dikaitkan dengan sifat kontrasepsinya.
  2. Dilarang menggunakan model manusia atau gambar yang kontroversial sebagai foto iklan.


2. Susu Formula Bayi & Balita

Iklan untuk susu formula balita (di atas 6 bulan) tidak boleh menggunakan foto bayi sehat, botol susu, dot sebagai foto Iklan Pencarian Toko, atau foto yang menyiratkan bahwa: (i) mengonsumsi susu formula membantu bayi tumbuh lebih sehat; dan/atau (ii) susu formula lebih baik atau dapat menggantikan ASI.


3. Produk Kecantikan

Hanya produk kecantikan yang memiliki izin edar yang dapat dipromosikan melalui slogan atau foto Iklan Pencarian Toko.


Iklan untuk produk kecantikan tidak boleh: 

  1. Menggunakan pernyataan yang berlebihan.
  2. Mengklaim bahwa produk tersebut dapat secara permanen mengubah kondisi atau fungsi fisik. Contoh: “Produk ini akan membantu Anda menurunkan berat badan hingga 3 kg dalam 1 bulan”.
  3. Secara terang-terangan mereferensikan bagian intim.
  4. Menggunakan kalimat langsung, seperti: “Ingin memperbaiki kondisi kulit? Coba produk ini!”.
  5. Mempromosikan produk bekas.


4. Alkohol, Rokok, dan Obat-obatan

Shopee melarang penggunaan slogan atau foto Iklan Pencarian Toko untuk mempromosikan minuman beralkohol, rokok, obat-obatan (baik yang dijual bebas atau diresepkan), dan produk lainnya yang sejenis. 


5. Alat Kesehatan

Hanya alat kesehatan yang memiliki izin edar yang dapat dipromosikan melalui slogan atau foto Iklan Pencarian Toko.






Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak
Konten

Foto Iklan Pencarian Toko

Slogan

Konten yang Dilarang

Syarat untuk Kategori Tertentu