Informasi Umum

Ketentuan Aktivitas Harian pada Setiap Item Iklan Produk

Untuk mendukung ekosistem dan performa iklan yang optimal, Shopee menerapkan batas jumlah aktivitas harian untuk setiap item pada Iklan Produk. Pembaruan ini berlaku mulai 1 Desember 2025 dan diterapkan untuk seluruh Penjual.



Apa yang Baru?


Setiap item kini memiliki batas harian untuk jumlah aktivitas edit yang dapat Penjual lakukan.


Jika total aktivitas pada satu item melebihi batas yang ditentukan, sistem akan secara otomatis membatasi aktivitas edit pada item tersebut hingga hari berikutnya. Shopee menyarankan untuk tidak melakukan lebih dari 10 aktivitas edit per item per hari.


Contoh: Jika Penjual berulang kali membuat, menjeda, memulai kembali, atau mengedit iklan untuk produk yang sama dalam satu hari, sistem dapat membatasi aktivitas edit selanjutnya setelah Penjual mencapai batas tersebut. Penjual dapat kembali melakukan pembaruan pengaturan di hari berikutnya.



Berlaku untuk Jenis Iklan apa saja?


Pembaruan ini berlaku untuk:

  1. Iklan Produk (termasuk seluruh iklan GMV Max, seperti Iklan Produk Otomatis)



Kenapa Pembaruan ini Dilakukan?


Pembaruan ini dilakukan untuk:

  1. Memastikan layanan iklan yang optimal bagi seluruh Penjual.
  2. Menjaga stabilitas layanan iklan yang disebabkan oleh terlalu banyak perubahan pada item yang sama.
  3. Melindungi kinerja dan integritas layanan iklan bagi seluruh Penjual.



Aktivitas yang Termasuk dalam Batas Aktivitas Harian:


  1. Buat (Create)
  2. Mulai (Start)
  3. Mulai ulang (Restart)
  4. Dijeda (Pause)
  5. Lanjutkan (Resume)
  6. Berhenti (Stop)
  7. Mengubah modal (Edit Budget)
  8. Mengubah Target ROAS (Edit Target ROAS)



Aktivitas yang Tidak Dihitung dalam Batas Harian


Beberapa aktivitas tidak dihitung dalam batas harian, yaitu:

  1. Aktivitas yang dipicu oleh sistem (seperti Mode Modal Dinamis dan Optimasi pada Periode Promo)
  2. Pengeditan pada level sub-iklan (seperti mengaktifkan/menonaktifkan Akselerasi Performa, memperbarui harga bid pada kata kunci manual, atau menambahkan kata kunci manual)



Apakah akan mempengaruhi performa iklan?


Mencapai batas aktivitas harian tidak mempengaruhi performa penayangan ataupun traffic iklan Penjual.


Iklan akan tetap berjalan seperti biasa; hanya aktivitas baru pada item tersebut yang akan dibatasi hingga hari berikutnya.



Tips untuk Mengelola Iklan secara Efisien


Untuk menghindari dari pembatasan aktivitas harian pada iklan, Penjual dapat mengikuti tips berikut:

  1. Rencanakan pengeditan:  Gabungkan dan buat rencana pengeditan sejak awal untuk menghindari mencapai batas tanpa disadari.
  2. Utamakan pengeditan yang bersifat prioritas:  Fokus pada perubahan yang memberikan dampak paling besar atau diperlukan segera.
  3. Gunakan fitur otomatisasi:  Manfaatkan fitur Mode Modal Dinamis atau Optimasi pada Periode Promo jika Penjual ingin mengubah pengaturan modal harian iklan dan target ROAS secara berkala. Dengan fitur ini, performa iklan dapat tetap optimal tanpa perlu mengubah pengaturan iklan secara berulang. 


Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak