Tips

Tentang Iklan Pencarian Produk

Iklan Pencarian Produk membantu Pembeli untuk menemukan produk Anda di halaman hasil pencarian.



Mengapa harus menggunakan Iklan Pencarian Produk?

1.Produk makin mudah terlihat

Iklan dapat ditampilkan di bagian yang mudah dilihat Pembeli, yaitu di posisi atas halaman hasil pencarian.


2.Meningkatkan potensi penjualan

Pembeli yang mencari kata pencarian yang berhubungan dengan produk di Iklan Anda lebih berpotensi untuk melakukan pembelian.


3. Kemudahan mengatur pengeluaran

Atur pengeluaran dengan menentukan modal dan biaya-per-klik. Anda hanya akan membayar sesuai jumlah klik iklan.



Bagaimana cara kerja Iklan Pencarian Produk?

1.Pilih produk yang ingin diiklankan

Pastikan nama, foto, dan rincian produk sudah lengkap & benar.


2.Atur kata pencarian yang sesuai dengan produk

Anda dapat mengatur kata pencarian sendiri atau aktifkan tombol Pilih Otomatis agar Shopee dapat mengatur kata pencarian untuk Anda.


3.Tentukan biaya-per-klik untuk setiap kata pencarian yang Anda atur sendiri

Biaya-per-klik adalah maks. biaya yang Anda bayar untuk setiap klik pada iklan.


4.Tentukan biaya & periode iklan

Iklan akan terus terpasang hingga: 

  1. Biaya sudah mencapai batas modal yang ditentukan
  2. Saldo Iklan habis
  3. Periode iklan berakhir



Bagaimana perhitungan biaya Iklan Pencarian Produk?

Anda akan dikenakan biaya ketika Pembeli mengklik iklan. Biaya akan langsung dipotong dari Saldo Iklan.


Untuk melindungi Penjual dari beban biaya yang tidak efektif, sistem Shopee akan secara otomatis mendeteksi klik yang tidak sah. Contoh: beberapa klik pada satu iklan dari Pengguna yang sama akan dianggap sebagai klik yang tidak sah.



Bagaimana peringkat Iklan ditentukan?

Ketika beberapa Penjual menggunakan Iklan Pencarian Produk untuk kata kunci yang sama, iklan Penjual lain dapat muncul bersamaan dengan iklan Anda.


Peringkat iklan adalah urutan relatif iklan Anda terhadap iklan lain. Misalnya, peringkat iklan "1" berarti iklan Anda adalah iklan pertama yang ditampilkan. Peringkat iklan yang lebih kecil berarti posisi iklan yang lebih baik karena lebih dekat ke bagian atas halaman hasil pencarian (Contoh: peringkat iklan "3" lebih baik daripada "10"). 


Peringkat iklan Anda ditentukan oleh 2 faktor utama secara bersamaan:


  1. Biaya Iklan (Biaya-per-klik) yang merupakan harga tertinggi yang akan Anda bayarkan untuk setiap klik Pembeli terhadap iklan Anda. 
  2. Biaya sebenarnya yang dibebankan seringkali lebih rendah dari biaya-per-klik yang Anda atur, karena sistem menghitung biaya-per-klik minimum yang diperlukan agar iklan Anda ditampilkan di atas iklan yang berada tepat di bawah Anda.
  3. Anda dapat menetapkan biaya-per-klik untuk setiap kata kunci yang Anda pilih untuk iklan Anda, atau Anda dapat mengatur agar sistem Shopee secara otomatis memilihkan kata pencarian dan mengoptimalkan biaya-per-klik untuk mendorong Efektivitas Iklan yang baik dengan memilih "Pilih Otomatis".
  4. Skor Iklan yang mengukur kualitas iklan Anda, yang dipengaruhi oleh:
  5. Relevansi produk yang diiklankan dengan kata pencarian yang Anda pilih
  6. Persentase Klik (Click-through-Rate/CTR) dan Tingkat Konversi (Conversion Rate/CR) yang diekspektasikan dari iklan Anda
  7. Persentase klik adalah jumlah klik pada iklan dibagi dengan jumlah dilihat. Metrik ini berfungsi untuk mengukur seberapa sering Pengguna yang melihat dan akhirnya mengklik iklan Anda. 
  8. Tingkat konversi berfungsi untuk mengukur jumlah konversi penjualan dari penjualan produk di toko Anda per klik iklan.
  9. Persentase klik dan tingkat konversi yang diekspektasikan dari iklan Anda lebih tinggi jika produk yang diiklankan memiliki:
  10. Gambar yang menarik, judul yang relevan, dan deskripsi produk yang menarik.
  11. Ulasan positif, penilaian produk yang baik, dan jumlah produk terjual yang tinggi.
  12. Harga yang kompetitif atau promosi berkelanjutan lainnya seperti voucher cashback, diskon, maupun promo gratis ongkir.


Biaya-per-klik atau Skor Iklan yang tinggi akan menghasilkan posisi iklan yang lebih baik.



FAQ

1. Di mana Iklan Pencarian Produk akan ditampilkan?


Aplikasi: Iklan Pencarian Produk akan ditampilkan di 2 posisi pertama pada halaman hasil pencarian. Setelahnya, 1 iklan akan ditampilkan setelah tiap 3 produk pada halaman hasil pencarian.


Situs Shopee: Iklan Pencarian Produk ditampilkan sebagai 5 produk pertama dan 5 terakhir pada halaman hasil pencarian.


Jumlah maks. Iklan Pencarian Produk yang ditampilkan untuk sebuah kata kunci adalah 60 iklan, baik pada aplikasi maupun situs Shopee.


2. Apakah saya dapat mengubah kata kunci yang digunakan, biaya-per-klik, modal maupun durasi iklan setelah Iklan Pencarian Produk berjalan?


Ya, Anda dapat menambahkan atau menghapus kata kunci, mengubah biaya-per-klik atau modal, juga mempersingkat atau memperpanjang durasi iklan kapan pun, bahkan setelah iklan berjalan.


3. Apakah saya dapat memantau performa Iklan Pencarian Produk?


Ya, Anda dapat memantau performa Iklan Pencarian Produk sampai dengan 90 hari terakhir. Cukup akses halaman Iklan Pencarian Produk untuk mengetahui:

  1. Berapa kali iklan dilihat
  2. Berapa kali iklan diklik
  3. Berapa kali produk iklan dipesan
  4. Data performa iklan Anda lainnya


Pelajari cara Memantau Performa Iklan di sini.

A página foi útil?

yes Sim
no Não
Conteúdo

Mengapa harus menggunakan Iklan Pencarian Produk?

Bagaimana cara kerja Iklan Pencarian Produk?

Bagaimana perhitungan biaya Iklan Pencarian Produk?

Bagaimana peringkat Iklan ditentukan?

FAQ