Iklan Pencarian Produk

Cara Mengatur Iklan Pencarian Produk

Apa yang perlu diperhatikan dalam memilih produk untuk diiklankan?


  1. Pilih produk yang tepat untuk diiklankan berdasarkan tujuan bisnis Anda:

  2. Meningkatkan penjualan
  3. Fokus pada produk dengan potensi penjualan tinggi (misal: produk rekomendasi*, produk terlaris, dan produk dengan promo yang sedang berjalan).

  4. Meningkatkan visibilitas produk baru
  5. Pilih produk baru untuk meningkatkan visibilitas dan mengecek potensi pasar produk.

  6. Meningkatkan keuntungan
  7. Fokus pada produk yang memiliki banyak penjualan & menghasilkan keuntungan tinggi tanpa menggunakan iklan.

  8. *Tips:
  9. Sistem Pilih Produk akan secara terus-menerus memproses dan menganalisis data yang tersedia untuk mengidentifikasi produk rekomendasi yang memiliki potensi penjualan tinggi apabila diiklankan.
  10. Saat membuat iklan di Seller Centre, prioritaskan produk rekomendasi yang ditandai dengan label “Terlaris”, “Efektivitas Iklan Baik”, atau “Pencarian Terbanyak”.
  11. Pelajari lebih lanjut tentang arti dari masing-masing label di sini.
  12. Saat membuat iklan di Aplikasi Shopee, prioritaskan produk rekomendasi yang ditandai dengan icon👍🏻".



Bagaimana cara mengatur Modal dan Periode Iklan?


  1. Anda dapat mengatur Modal dan Periode Iklan sebelum mengaktifkan iklan.


  2. Sistem akan secara otomatis mengatur modal menjadi “Tanpa Batas” dan periode menjadi “Tanpa Batas Waktu”.
  3. Anda dapat memilih “Tentukan Modal” dan “Tetapkan Tanggal Mulai/Selesai” pada setiap iklan. Jika Anda menentukan modal, iklan akan berhenti setelah biaya iklan mencapai batas modal yang ditentukan.



Bagaimana cara mengatur Kata Pencarian, Tipe Pencocokan, serta Biaya Per-Kliknya?


1. Kata Pencarian

Anda dapat memilih salah satu dari dua tipe pengaturan berikut atau mengombinasikan keduanya:


  1. Pilih Otomatis

Dengan pengaturan ini, Shopee akan memilih kata kunci yang relevan dengan produk Anda dan mengoptimalkannya lewat Iklan Pencarian Produk Anda. 


Gunakan pengaturan Pilih Otomatis jika Anda memilih untuk membuat dan mengatur iklan Anda dengan usaha yang minimal.

  1. Klik di sini untuk cara menggunakan tipe Pilih Otomatis pada Iklan Pencarian Produk.
  2. Perhatikan bahwa jika Anda membuat Iklan Pencarian Produk melalui aplikasi Shopee, tipe Pilih Otomatis akan aktif secara otomatis. Untuk mengatur kata kunci secara manual atau menonaktifkan fitur, Anda dapat mengaturnya di situs Seller Centre Shopee.


  1. Pilih Manual

Jika Anda sudah pernah menggunakan Iklan Pencarian Produk atau ingin iklan Anda muncul di posisi teratas halaman hasil pencarian untuk kata pencarian tertentu, Anda dapat memilih kata pencarian dan biaya-per-klik sendiri. Anda juga dapat memilih tipe pencocokan untuk setiap kata pencarian produk Anda.


2. Tipe Pencocokan & Biaya Per-Klik

Penjelasan untuk masing-masing tipe pencocokan dan biaya per-klik adalah sebagai berikut:


  1. Pencocokan Luas
  2. Iklan Anda akan muncul pada halaman pencarian saat Pembeli mencari variasi kata pencarian yang relevan, meskipun kata tersebut tidak mengandung kata yang telah Anda atur.

  3. Pencocokan Spesifik
  4. Iklan Anda hanya akan muncul ketika Pembeli mencari kata pencarian spesifik yang telah Anda atur.


  5. Sekarang, Anda perlu mengatur biaya per-klik untuk setiap kata kunci dengan pengaturan manual. 
  6. Semakin tinggi biaya-per-klik Anda, semakin tinggi kemungkinan iklan Anda akan muncul di posisi teratas. 
  7. Semakin tinggi kualitas iklan Anda, semakin rendah biaya-per-klik yang perlu Anda gunakan agar iklan Anda berada di posisi teratas.
  8. Kualitas iklan Anda dipengaruhi dari beberapa faktor, termasuk penilaian toko, penjualan produk, ulasan, dan nama produk Anda.
  9. Sistem akan menampilkan biaya per-klik rekomendasi sebagai acuan.
  10. Menggunakan rekomendasi biaya-per-klik membantu untuk memastikan iklan Anda ditampilkan pada posisi yang baik (Contoh: Lebih dekat ke bagian teratas halaman pencarian). 
  11. Perhatikan bahwa jika Anda menggunakan pengaturan Pilih Otomatis, Anda tetap dapat menambahkan kata kunci secara manual dan mengatur biaya-per-klik yang kompetitif untuk memastikan iklan Anda muncul di posisi teratas ketika Pembeli mencari produk yang sesuai dengan kata kunci yang Anda gunakan.
  12. Rekomendasi biaya-per-klik untuk tipe Pencocokan Luas 20% lebih tinggi dibandingkan dengan tipe Pencocokan Spesifik. 
  13. Anda tetap dapat menyesuaikan biaya-per-klik Anda setelah Iklan Pencarian Produk Anda sudah terpasang.
  14. Aktifkan Mode Dinamis untuk mengizinkan algoritma Shopee untuk mengoptimasi biaya-per-klik untuk Anda.
  15. Mode Dinamis akan secara otomatis mengoptimasi biaya-per-klik Anda untuk menghasilkan lebih banyak penjualan sambil menjaga pengeluaran iklan Anda, dengan secara otomatis: 
  16. Meningkatkan biaya-per-klik kata kunci yang Anda pilih secara manual hingga 50% ketika klik iklan Anda cenderung menghasilkan penjualan.
  17. Menurunkan biaya-per-klik kata kunci yang Anda pilih secara manual hingga 50% ketika klik iklan Anda cenderung tidak menghasilkan penjualan.
  18. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut tentang Mode Dinamis.
  19. Harap dicatat bahwa fitur ini masih dalam mode Beta dan belum tersedia untuk semua Penjual.  


Tips memilih kata pencarian, tipe pencocokan, dan biaya-per-klik berdasarkan tujuan bisnis Anda: 


  1. Meningkatkan visibilitas produk:
  2. Gunakan min. 10 kata pencarian per produk, termasuk sinonim dan variasi dari kata pencarian yang relevan dengan produk. Contoh: Untuk produk sepatu olahraga, Anda dapat menggunakan “sepatu", “sepatu kets”, “sepatu untuk olahraga”, “sepatu olahraga”, dan lainnya.
  3. Pilih semua kata pencarian relevan yang disarankan oleh sistem Shopee dan tambahkan kata pencarian milik Anda.
  4. Anda dapat mengoptimalkan iklan Anda dengan menghapus kata pencarian yang memiliki performa buruk.
  5. Gunakan Pencocokan Luas agar kata pencarian Anda menjangkau lebih banyak Pengguna.
  6. Atur biaya per-klik dengan harga yang kompetitif atau bisa pasang mendekati harga rekomendasi

  7. Meningkatkan penjualan
  8. Gunakan kombinasi dari Pencocokan Luas dan Pencocokan Spesifik untuk memaksimalkan visibilitas halaman produk.
  9. Untuk Pencocokan Luas, gunakan kata pencarian yang umum, populer, dan relevan agar Pembeli melihat produk Anda, seperti “sweater” dan “sweater rajut”.
  10. Untuk Pencocokan Spesifik, gunakan kata pencarian yang spesifik dan relevan agar Pembeli melihat produk Anda, seperti “sweater rajut lengan panjang” atau “sweater rajut turtle neck”.
  11. Untuk menghemat biaya, gunakan kata pencarian yang sangat relevan, contoh: jika Anda menjual case handphone, gunakan kata “case handphone tipe X” atau “case handphone X” dibandingkan hanya “handphone X”.
  12. Pasang biaya-per-klik yang disarankan dan atur kata pencarian secara kompetitif.


  1. Meningkatkan keuntungan
  2. Targetkan kata pencarian paling relevan yang digunakan Pembeli untuk melihat produk Anda.
  3. Masukkan kata pencarian yang lebih spesifik seperti “biji kopi luwak” dibandingkan “kopi”saja. Kata pencarian paling spesifik biasanya bisa menarik lebih banyak Pembeli yang relevan.
  4. Fokus pada penggunaan Pencocokan Spesifik untuk mendapatkan pengunjung yang relevan ke halaman produk Anda.
  5. Jika ingin iklan Anda lebih sering dilihat, gunakan Pencocokan Luas dan atur biaya-per-klik sesuai biaya yang direkomendasikan.


Bagaimana langkah-langkah mengatur Iklan Pencarian Produk?

  1. Buat dan atur iklan Anda dengan lebih mudah melalui Seller Centre dan aplikasi Shopee. Anda dapat mempelajari lebih lanjut dengan membaca Panduan Pengguna Iklan Shopee di sini.

Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak
Konten

Apa yang perlu diperhatikan dalam memilih produk untuk diiklankan?

Bagaimana cara mengatur Modal dan Periode Iklan?

Bagaimana cara mengatur Kata Pencarian, Tipe Pencocokan, serta Biaya Per-Kliknya?

Bagaimana langkah-langkah mengatur Iklan Pencarian Produk?