Iklan Pencarian Produk

Cara Mengatur Tipe Pilih Otomatis pada Iklan Pencarian Produk

Dengan menggunakan tipe Pilih Otomatis pada Iklan Pencarian Produk, Shopee akan memilih kata pencarian yang sesuai untuk produk Anda. 


Berikut beberapa tips jika Anda ingin mengatur kata pencarian dengan tipe Pilih Otomatis pada Iklan Pencarian Produk:


  1. Untuk meningkatkan penjualan harian Anda (5-20%), Shopee menyarankan untuk membuat 3-5 Iklan Pencarian Produk di waktu yang bersamaan.
  2. Saat membuat iklan di Seller Centre, prioritaskan produk rekomendasi yang ditandai dengan label “Terlaris”, “Efektivitas Iklan Baik”, atau “Pencarian Terbanyak”. Pelajari lebih lanjut tentang arti dari masing-masing label di sini.
  3. Atur Saldo Iklan setidaknya Rp35.000 untuk setiap produk yang diiklankan. 
  4. Jumlah saldo tersebut memungkinkan iklan untuk berjalan selama 2 minggu dan memberikan Shopee data yang cukup untuk mengoptimalkan iklan Anda (lihat poin 3-5 untuk informasi lebih lanjut).
  5. Atur modal harian antara Rp2.500 - Rp5.000
  6. Beberapa iklan akan memiliki performa yang lebih baik dari yang lainnya. Anda disarankan untuk mengontrol biaya setiap iklan sebelum mengoptimalkannya.
  7. Cek iklan Anda setelah 5-7 hari
  8. Tingkatkan modal harian jika iklan memiliki performa yang baik (menghasilkan penjualan dan Efektivitas Iklan yang dapat diterima).
  9. Shopee menyarankan untuk menaikkan modal harian 2-3x lipat.
  10. Nonaktifkan tipe Pilih Otomatis jika iklan tidak memiliki performa yang baik (tidak menghasilkan penjualan atau Efektivitas Iklan yang tidak dapat diterima).
  11. Jika Anda ingin tetap mengiklankan produk tersebut, Anda mungkin ingin menggunakan kata pencarian manual atau Iklan Produk Serupa.
  12. Cek iklan Anda setiap 1-4 minggu
  13. Ubah modal menjadi "Tanpa Batas" jika iklan memiliki performa yang baik.
  14. Jika Anda ingin lebih mengoptimalkan performa Iklan Pencarian Produk
  15. Cek iklan Anda pada hari ke-4 dan ke-7 setelah iklan dipasang.
  16. Naikkan modal harian 2-3x lipat agar performa iklan baik.
  17. Jika iklan tidak memiliki performa yang baik: 
  18. Jika Jumlah Dilihat iklan kurang dari 200 per-hari,
  19. Tambah kata pencarian secara manual.
  20. Jika modal harian sudah habis namun jumlah dilihat masih kurang dari 200, nonaktifkan“Pilih Otomatis” dan tambahkan kata pencarian secara manual agar dapat menyesuaikan biaya per-klik secara manual.
  21. Saat mengubah modal, Anda dapat mengecek apakah biaya iklan Anda pernah mencapai batas dengan melihat “Maks. biaya harian dalam 7 hari”


7. Ubah pengaturan iklan berdasarkan Jumlah Dilihat,

Apabila Jumlah Dilihat lebih dari 200 per hari, 

  1. Tetap jalankan iklan apabila Jumlah Klik kurang dari 100 - 200.
  2. Nonaktifkan “Pilih Otomatis" dan tambahkan kata pencarian manual jika Jumlah Klik lebih dari 100-200.



Klik di sini untuk informasi lebih lanjut tentang cara Mengoptimalkan Performa Iklan Pencarian Produk.

Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak