Panduan Pengguna

Dampak Pembaruan GMV Max ROAS

Pembaruan GMV Max ROAS

Target ROAS akan diperbarui menjadi GMV Max ROAS pada kuartal ketiga tahun 2024. Selama pembaruan ini berlangsung, Penjual akan diharuskan untuk memberikan persetujuan kepada Shopee untuk mengubah iklan dengan fitur Target ROAS Anda yang sedang berjalan menjadi GMV Max ROAS secara otomatis.


Untuk cari tahu lebih lanjut mengenai GMV Max ROAS, silakan klik di sini.


Apa yang diperlukan dari Penjual? 

Pada tanggal pembaruan, Penjual akan melihat pemberitahuan pop-up saat masuk ke Iklan Shopee di Seller Centre di Website atau melalui Toko Saya di Aplikasi Shopee. Penjual dapat menyetujui pembaruan otomatis melalui pemberitahuan di Seller Centre, sementara pemberitahuan di aplikasi akan berfungsi sebagai pengingat bagi Penjual untuk melakukan konfirmasi selama periode konfirmasi berlangsung.


Menyetujui pemutakhiran ini akan memungkinkan Shopee untuk secara otomatis meningkatkan kampanye Target ROAS Anda yang sudah ada dengan GMV Max ROAS, yang memungkinkan akses ke jangkauan traffic yang lebih luas. Jika Penjual tidak melakukan konfirmasi untuk pembaruan, Anda akan tetap menerima fitur Auto Bidding (GMV Max ROAS) pada tanggal pembaruan yang ditargetkan. Namun, iklan dengan Target ROAS Anda yang sedang aktif akan berhenti berjalan. Penjual perlu meninjau secara manual semua iklan yang terpengaruh dan mengubahnya ke produk yang dipilih secara manual.


Bagian 1: Periode Konfirmasi

Sebelum tanggal pembaruan, Penjual akan melihat pop-up pemberitahuan di Iklan Shopee yang memberi tahu tentang pembaruan yang akan datang. Penjual dapat mengklik “Setuju untuk Pembaruan” pada pop-up tersebut untuk melakukan konfirmasi secara otomatis.


[SKENARIO 1]

Setelah Penjual menyetujui pembaruan otomatis, semua kampanye Target ROAS akan dihentikan pada Tanggal Pembaruan dan satu kampanye GMV Max ROAS akan dibuat sebagai penggantinya dengan pengaturan iklan yang sama.

  1. Jika ada beberapa iklan yang aktif atau dijadwalkan bersamaan dengan Target ROAS untuk produk yang sama, Shopee akan menggabungkan anggaran dan durasi iklan yang tumpang tindih untuk membentuk pengaturan terpusat untuk GMV Max ROAS. 
  2. Jika semua iklan yang terkait dengan Produk menggunakan modal harian Tanpa Batas, kampanye GMV Max ROAS yang digabungkan juga akan menggunakan pengaturan modal harian Tanpa Batas.
  3. Jika hanya iklan tertentu yang terkait dengan Produk menggunakan modal harian Tanpa Batas, kampanye GMV Max ROAS yang digabungkan akan menggunakan modal dalam nilai rupiah yang digabungkan dari semua iklan terkait. 
  4. Jika tidak ada iklan lain yang aktif atau dijadwalkan untuk produk yang sama, kampanye GMV Max ROAS akan langsung mewarisi pengaturan yang sama dengan iklan Target ROAS yang dihentikan.




Jika Shopee tidak menerima konfirmasi Anda tentang pembaruan otomatis 2 hari sebelum Tanggal Pembaruan, Penjual akan melihat pop-up pemberitahuan di Seller Centre via PC untuk mengingatkan mereka tentang batas waktu tersebut.



Bagian 2: Tanggal Pembaruan

Pada tanggal Pemutakhiran, semua kampanye Target ROAS yang ada akan dihentikan secara otomatis terlepas dari pilihan opt-in Anda di Bagian 1. Kampanye-kampanye ini tidak dapat diaktifkan kembali atau diedit karena fitur Target ROAS akan dihentikan. 


[SKENARIO 2]

Untuk Penjual yang tidak setuju dengan pembaruan dan hanya memiliki 1 iklan Target ROAS per Produk, Shopee akan secara otomatis meng-upgrade iklan Target ROAS tersebut menjadi iklan Auto Bidding (GMV Max ROAS) dengan pengaturan iklan yang dimaksud.

  1. Iklan Target ROAS akan dihentikan secara otomatis, dan kampanye GMV Max ROAS akan dibuat dengan modal, durasi, dan pengaturan Target ROAS yang sama.
  2. Penempatan iklan akan diperbarui menjadi pilihan “Semua,” yang mencakup Halaman Pencarian dan Halaman Rekomendasi.



[SKENARIO 3]

Untuk Penjual yang tidak menyetujui pembaruan dan memiliki beberapa iklan per Produk (termasuk setidaknya 1 iklan Target ROAS), semua iklan Target ROAS yang sudah ada akan dihentikan. Ini akan ditunjukkan dengan status “Selesai” dan iklan tersebut tidak akan dapat diedit.

  1. Iklan non-Target ROAS yang tersisa dan terkait dengan produk yang sama akan tetap tidak terpengaruh dan akan terus berjalan.
  2. Penjual dapat memilih untuk meninjau iklan yang terpengaruh dan melanjutkan untuk memperbarui iklan tersebut melalui pemilihan massal atau individu. Silakan merujuk ke Bagian 3 untuk detail lebih lanjut tentang cara memperbarui Target ROAS menjadi GMV Max ROAS setelah Tanggal Pembaruan.  



Bagian 3: Setelah Pembaruan 


Setelah login pertama Anda setelah peningkatan, Anda akan melihat konfirmasi peningkatan Anda ke fitur GMV Max ROAS melalui jendela pop-up di Iklan Shopee.


Jika Anda termasuk dalam Skenario 1 atau 2, Anda tidak perlu meninjau iklan yang terpengaruh dan dapat langsung menuju ke bagian daftar iklan untuk meninjau semua kampanye GMV Max ROAS yang baru dibuat atau mengakses Iklan Target ROAS Anda yang lalu.


Jika Anda termasuk dalam Skenario 3, Shopee akan menampilkan jendela pop-up yang menunjukkan jumlah total iklan yang terpengaruh dan memerlukan konfirmasi manual Anda untuk diperbarui. Penjual dapat mengklik tombol “Pilih Iklan” untuk meninjau daftar spesifik iklan yang terkena dampak dan memenuhi syarat untuk Peningkatan GMV Max ROAS. Pada tahap ini, Penjual akan dapat memigrasikan iklan secara selektif atau melakukan peningkatan massal kampanye terpilih ke GMV Max ROAS melalui metode berikut:


Pembaruan Iklan melalui Jendela Pop-up pada Tanggal Pembaruan

Pembaruan melalui tombol ‘Tinjau Iklan’ pada Rekomendasi



Pembaruan melalui Halaman Daftar Iklan


Pembaruan melalui Halaman Rincian Iklan


Jika ada beberapa iklan yang berjalan untuk produk saya, bagaimana cara mereka digabungkan menjadi kampanye GMV Max ROAS?

Hal ini tergantung pada apakah Anda telah setuju untuk memungkinkan Shopee memfasilitasi pembaruan otomatis selama Periode Pra-Pembaruan, serta apakah ada beberapa Iklan yang terkait dengan Produk yang terpengaruh.


Apa yang akan terjadi pada Iklan Target ROAS yang sudah ada? 

Iklan Target ROAS Anda akan dihentikan pada Tanggal Pembaruan dan tidak dapat diaktifkan kembali. Namun, Penjual masih dapat mengakses kinerja dan detail kampanye ROAS Target mereka yang lalu melalui BerandaIklan Shopee > Halaman Daftar Iklan.

Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak
Konten

Pembaruan GMV Max ROAS

Apa yang diperlukan dari Penjual? 

Jika ada beberapa iklan yang berjalan untuk produk saya, bagaimana cara mereka digabungkan menjadi kampanye GMV Max ROAS?

Apa yang akan terjadi pada Iklan Target ROAS yang sudah ada?