Panduan Pengguna

Memilih Mode Bidding yang Tepat untuk Iklan Produk Anda

Iklan Shopee saat ini menawarkan dua mode bidding untuk Iklan Produk: Otomatis dan Manual.

Mode bidding Anda ditetapkan selama proses pembuatan iklan dan tidak dapat diubah setelah Iklan Produk Anda ditayangkan. Berikut penjelasan tentang bagaimana cara memilih Mode bidding yang tepat untuk Iklan Produk Anda.


Mode Bidding Apa yang Tepat untuk Iklan Produk Saya?

Menentukan mode bidding yang tepat bergantung pada tujuan dan pengalaman beriklan Anda. Anda dapat melihat rekomendasi yang tepat berdasarkan situasi Anda pada tabel di bawah ini.

Tips Menentukan Pengaturan Mode Bidding Otomatis

Dengan Mode Bidding Otomatis, sistem Shopee akan mengoptimalkan pemilihan kata pencarian (jika ada) dan biaya-per-klik, serta menampilkan Iklan Produk Anda kepada pembeli yang relevan di penempatan iklan pilihan Anda.


Berikut adalah rekomendasi penentuan Pengaturan Target Efektivitas Iklan (ROAS) pada Mode Bidding Otomatis sesuai dengan situasi Anda.


Sistem mempertimbangkan berbagai faktor untuk memprediksi apakah setiap iklan yang diklik cenderung menghasilkan konversi penjualan atau tidak. Sistem ini bertujuan untuk mempertahankan Efektivitas Iklan (ROAS) yang sehat untuk mengalokasikan biaya iklan Anda secara efektif, kecuali Anda menetapkan Target ROAS* tertentu. Bidding akan ditingkatkan bila berpotensi tinggi menghasilkan penjualan, atau diturunkan bila potensi penjualan lebih rendah.


*Catatan : Saat ini fitur Target ROAS tersedia hanya untuk penjual terpilih


Tips Menentukan Pengaturan Mode Bidding Manual

Dengan Mode Bidding Manual, Anda dapat menetapkan harga bid Anda sendiri secara manual untuk setiap kata pencarian dan penempatan iklan, sehingga Anda memiliki kontrol yang lebih besar untuk mengatur biaya dan kinerja iklan. Pada pengaturan Mode Bidding manual, terdapat beberapa pilihan pengaturan sebagai berikut.


  1. Tambah Kata Pencarian : Pengaturan untuk menambahkan kata pencarian produk
  2. Tipe Pencocokan : Pengaturan untuk memilih tipe pencocokan produk
  3. Tipe Pencocokan Luas : Iklan Anda akan muncul pada halaman pencarian saat Pembeli mencari variasi kata pencarian yang relevan, meskipun kata tersebut tidak mengandung kata yang telah Anda atur.
  4. Tipe Pencocokan Spesifik : Iklan Anda hanya akan muncul ketika Pembeli mencari kata pencarian spesifik yang telah Anda atur.

Contoh hasil pencarian untuk pencocokan luas dan spesifik terdapat pada tabel berikut.

3. Harga Bid : Maksimum biaya yang Anda bayar untuk setiap klik pada iklan.

4. Pengaturan Lanjutan

  1. Pengaturan Penempatan Iklan Halaman Rekomendasi :Anda dapat menentukan jenis halaman rekomendasi yang Anda inginkan. Shopee menyediakan 2 jenis halaman yaitu Halaman Rekomendasi Utama dan Kamu Mungkin Juga Suka.
  2. Mode Bidding Dinamis : Shopee akan otomatis mengoptimasi biaya-per-klik untuk memaksimalkan konversi/penjualan..Sistem Shopee dapat meningkatkan/menurunkan harga bid s/d 100% dari harga bid yang Anda tentukan.


Berikut adalah rekomendasi pengaturan mode bidding manual.


FAQ

1. Apakah Saya bisa menggunakan mode bidding manual dan otomatis dalam satu iklan? 

Tidak, 

  1. Jika Anda ingin menikmati manfaat kedua mode bidding atau membandingkan kinerja masing-masing mode, Anda dapat menjalankan dua Iklan Produk untuk produk tertentu secara bersamaan – satu menggunakan mode bidding Otomatis dan yang lainnya menggunakan mode bidding manual Manual.

2. Apakah Saya Bisa Mengubah Mode Bidding untuk Iklan Produk yang Sudah Berjalan?

  1. Pilihan mode bidding Anda hanya dapat ditetapkan selama proses pembuatan iklan, dan tidak dapat diubah setelah Iklan Produk Anda dipublikasikan.
  2. Untuk beralih dari satu mode bidding ke mode bidding lainnya, Anda dapat menjeda Iklan Produk yang sudah berjalan dan membuat Iklan Produk baru yang menggunakan mode bidding lainnya.

3. Mengapa Pilihan Mode Bidding Manual Tidak Tersedia untuk Saya Selama Pembuatan Iklan?

  1. Saat ini, pemilihan Penawaran Manual hanya tersedia saat Anda sedang membuat Iklan Produk untuk satu produk dalam satu waktu.
  2. Saat Anda mencoba membuat Iklan Produk secara massal dengan memilih beberapa produk, mode bidding Manual tidak dapat dipilih. Mode bidding Otomatis akan menjadi satu-satunya pilihan yang tersedia dan akan berlaku untuk semua Iklan Produk yang dibuat dalam proses pembuatan yang sama.
  3. Selain itu, mode bidding Manual bukanlah mode bidding yang tersedia saat Anda membuat Iklan Produk Otomatis (yaitu saat Anda memilih “Otomatis”).


Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak
Konten

Mode Bidding Apa yang Tepat untuk Iklan Produk Saya?

Tips Menentukan Pengaturan Mode Bidding Otomatis

Tips Menentukan Pengaturan Mode Bidding Manual

FAQ