Iklan Produk

Dampak Upgrade Fitur Bidding GMV Max Auto

Seiring Shopee meningkatkan fitur Auto Bidding yang ada menjadi GMV Max Auto Bidding, semua iklan Auto Bidding yang aktif dan terjadwal akan dimigrasikan pada awal 2025.


Klik di sini untuk mempelajari tentang GMV Max Auto


Pembaruan Penting pada Upgrade Fitur Bidding GMV Max Auto

  1. Penggabungan beberapa iklan menjadi satu iklan tunggal per ID Produk untuk memberikan sinergi kinerja yang lebih baik bagi produk Anda.



  1. Penempatan iklan akan diatur ke default 'Semua' untuk semua Iklan GMV Max
  2. Modal dari iklan terkait akan digabungkan ke dalam iklan GMV Max baru
  3. Durasi iklan akan mengikuti iklan dengan durasi iklan terpanjang (misalnya, Tak Terbatas)



Pelajari GMV Max Auto selengkapnya di sini. Selain itu, Penjual juga dapat mempelajari Langkah memperbarui Iklan Mode Bidding Otomatis (Standar) ke GMV Max Auto di sini.


Logika Penanganan Modal dan Durasi 

  1. Untuk produk yang tidak memiliki iklan terkait (hanya Mode Bidding Otomatis (Standar)), iklan GMV Max Auto yang baru akan mewarisi durasi dan pengaturan modal dari iklan Mode Bidding Otomatis (Standar) yang lama.
  2. Untuk produk yang memiliki iklan terkait (Mode Bidding Otomatis (Standar) + iklan lainnya), semua iklan terkait untuk produk yang sama akan digabungkan menjadi klan GMV Max Auto yang baru, mengikuti logika penggabungan modal dan durasi di bawah ini.


Perubahan Utama dalam Alur Pembuatan Iklan untuk GMV Max Auto

  1. Mirip dengan GMV Max Custom ROAS, pemilihan penempatan untuk kampanye GMV Max Auto akan mencakup SEMUA PENEMPATAN IKLAN. Ini memungkinkan Shopee untuk memantau dan menyesuaikan harga bidding secara dinamis di berbagai penempatan untuk memastikan bahwa pengeluaran keseluruhan tetap dalam batas modal dan seimbang dengan total GMV Produk.


Dengan Mode Bidding Otomatis (Standar), Penjual dapat memilih pengaturan penempatan iklan mereka.


Dengan GMV Max Auto yang baru, Penjual tidak lagi dapat memilih pengaturan penempatan mereka.


  1. Dengan GMV Max Auto, Penjual hanya akan dapat memilih satu produk untuk setiap Ikla

Dengan Mode Bidding Otomatis (Standar), Penjual dapat memilih beberapa produk secara manual untuk setiap iklan.


Dengan GMV Max Auto, Penjual hanya dapat memilih 1 produk untuk setiap iklan.


  1. Dengan GMV Max Auto, Penjual memiliki visibilitas terhadap estimasi target ROAS yang ditentukan sistem dan jumlah pesanan mingguan, tergantung pada modal dan pilihan produk mereka. Saat ini, kampanye Iklan Produk - Auto Bidding tidak menampilkan estimasi dari sistem.

Mode Bidding Otomatis (Standar) saat ini memiliki informasi yang terbatas mengenai estimasi sistem.


GMV Max Auto akan memberikan informasi awal kepada Penjual mengenai estimasi sistem.


Jadwal Migrasi untuk GMV Max Auto

Tanggal Upgrade

Pada tanggal Upgrade, Anda akan menerima pop-up pemberitahuan yang menginformasikan tentang:

  1. Iklan Auto Bidding yang memenuhi syarat yang telah diupgrade secara otomatis ke GMV Max Auto Bidding yang baru.
  2. Iklan Auto Bidding yang masih berjalan yang tidak diupgrade secara otomatis dan akan memerlukan tinjauan Anda untuk melanjutkan Upgrade

Setelah terdaftar di GMV Max Auto Bidding, sebuah pop-up pemberitahuan akan memberi tahu Anda tentang status iklan Auto Bidding Anda yang telah diperbarui menjadi iklan GMV Max Auto Bidding, serta iklan-iklan yang tersisa yang memerlukan tinjauan Anda untuk diupgrade menjadi iklan GMV Max.


Anda akan dapat meninjau daftar lengkap Iklan Auto Bidding yang tidak diupgrade secara otomatis sebelum meningkatkan secara manual ke GMV Max Auto Bidding.


Selama proses Upgrade otomatis, Anda sangat disarankan untuk tidak mengoperasikan iklan Auto Bidding yang sudah ada agar tidak memengaruhi proses Upgrade.


Notifikasi tersedia di PC dan Aplikasi untuk memberi tahu Anda saat Upgrade sedang berlangsung.


Setelah iklan Auto Bidding Anda selesai diupgrade, Anda akan menerima pembaruan banner di halaman utama Iklan Shopee Anda.


Iklan Auto Bidding yang berhasil diupgrade secara otomatis akan mengalami pembaruan berikut: 

  1. Menggabungkan modal dari iklan Auto Bidding yang sudah ada untuk produk yang sama menjadi satu iklan GMV Max Auto Bidding. 
  2. Iklan Auto Bidding standard yang berhasil diupgrade otomatis akan dihentikan.


H+7 Setelah Tanggal Upgrade

Anda akan diberi tahu bahwa Anda tidak lagi dapat mengedit pengaturan iklan Auto Bidding Anda (modal / jadwal / harga bid) dan akan diberi pemberitahuan untuk meningkatkan iklan Auto Bidding yang masih tersisa yang belum tingkatkan secara otomatis.


Mulai 26 November 2024, Anda dapat meningkatkan iklan Anda ke GMV Max Auto Bidding dengan sekali klik di Aplikasi Anda!


Iklan Auto Bidding akan berhenti setelah mencapai tanggal akhir kampanye ATAU ketika anggaran habis, mana yang lebih dulu tercapai.


Shopee sangat menyarankan untuk memperbarui iklan Auto Bidding Anda ke GMV Max Auto Bidding untuk menghindari dampak negatif pada iklan Anda.


Tanggal Berakhir - Akhir Tahun 2024

Anda akan diberitahu bahwa semua iklan Auto Bidding yang masih aktif dan terjadwal akan termigrasi secara otomatis menjadi GMV Max Auto pada akhir tahun 2024.


Jika Anda masih belum meningkatkan iklan Auto Bidding yang aktif/terjadwal pada Hari pemberhentian: 

  1. Semua iklan Auto Bidding akan termigrasi secara otomatis menjadi GMV Max Auto. Anda masih dapat meninjau kinerja kampanye Mode Bidding Otomatis (Standar) di Shopee Ads, tetapi tidak akan dapat memulai kembali kampanye tersebut. 
  2. Jika sebuah produk memiliki beberapa iklan aktif (Auto Bidding (Pencarian) + Manual), iklan produk tersebut akan termigrasi menjadi GMV Max Auto (Iklan Manual akan dinonaktifkan.) 


Pelajari GMV Max Auto selengkapnya di sini. Selain itu, Penjual juga dapat mempelajari Langkah memperbarui Iklan Mode Bidding Otomatis (Standar) ke GMV Max Auto di sini.


FAQ

1. Bagaimana skema perubahan biaya dan durasi iklan dari fitur GMV Max Auto apabila sebelumnya penjual memiliki beberapa iklan aktif untuk produk yang sama dengan durasi yang tumpang tindih/beririsan?

Dalam kasus ini:

a. Modal iklan akan menjadi:

b. Durasi iklan akan diatur menjadi tidak terbatas


2.Bagaimana skema perubahan biaya dan durasi iklan dari fitur GMV Max Auto apabila sebelumnya penjual tidak memiliki beberapa iklan aktif untuk produk yang sama dengan durasi yang tumpang tindih/beririsan?

Dalam kasus ini:

a. Modal iklan baru akan menyesuaikan dengan modal Mode Bidding Otomatis (Standar)

b. Durasi iklan akan menjadi:

請問這一頁有幫助嗎?

yes
no
內容

Pembaruan Penting pada Upgrade Fitur Bidding GMV Max Auto

Logika Penanganan Modal dan Durasi 

Perubahan Utama dalam Alur Pembuatan Iklan untuk GMV Max Auto

Jadwal Migrasi untuk GMV Max Auto

H+7 Setelah Tanggal Upgrade

Tanggal Berakhir - Akhir Tahun 2024