Panduan

Tentang Iklan Produk

Iklan Produk membantu menampilkan produk Anda kepada Pembeli yang berpotensi pada lokasi dengan traffic tinggi di Aplikasi Shopee.



Mengapa harus menggunakan Iklan Produk?

  1. Menambah exposure 

Tayangkan iklan Anda pada bagian yang paling sering dilihat oleh Pembeli, seperti bagian paling atas pada Halaman Hasil Pencarian.


  1. Meningkatkan penjualan

Perluas jangkauan Anda ke calon Pembeli yang menelusuri produk menggunakan kata kunci terkait.


  1. Kemudahan mengontrol biaya promosi

Kontrol jumlah pengeluaran Anda dengan menetapkan modal dan jumlah yang ingin Anda atur untuk biaya-per-klik.


Di mana Iklan Produk dapat ditampilkan?

Iklan Produk Anda akan ditampilkan pada halaman Shopee dengan traffic tinggi seperti di bawah ini. Anda dapat mengatur penempatan dimana Iklan Anda akan ditayangkan.


Bagaimana Iklan Saya Akan Ditampilkan?

Iklan Produk yang ditampilkan kepada pembeli merupakan hasil dari pengaturan sistem bidding dan sistem peringkat (rank) iklan. 

  1. Sistem bidding merupakan sistem dimana iklan akan bersaing untuk mendapatkan peringkat iklan yang lebih tinggi berdasarkan nilai bid. 
  2. Sistem Peringkat Iklan (Rank) merupakan sistem yang mengatur posisi iklan, dimana semakin atas posisi iklan maka potensi peningkatan traffic semakin tinggi. 


Peringkat iklan Anda adalah urutan iklan Anda dibandingkan dengan iklan lainnya. 

  1. Misalnya, peringkat iklan "1" berarti iklan Anda adalah iklan pertama yang ditampilkan. 
  2. Peringkat iklan yang memiliki nilai lebih kecil berarti memiliki posisi iklan yang lebih baik, lebih dekat ke bagian atas halaman hasil pencarian (contohnya, peringkat iklan “3” lebih baik daripada “10”). 


Bagaimana Peringkat Iklan Saya akan Ditentukan?

Peringkat iklan Anda akan dipengaruhi oleh kedua faktor secara bersamaan, yaitu harga bid dan skor kualitas iklan Anda dibandingkan dengan iklan lainnya. Harga bid atau skor kualitas yang lebih tinggi dapat berkontribusi terhadap posisi iklan yang lebih baik. Peringkat iklan Anda ditentukan oleh 2 faktor utama berikut ini:


  1. Harga bid, yang merupakan harga tertinggi yang akan Anda bayarkan untuk satu klik Pembeli terhadap iklan Anda. 
  2. Harga sebenarnya yang dikenakan sering kali lebih rendah dari harga bid yang Anda atur, karena sistem menghitung biaya-per-klik minimum yang diperlukan agar iklan Anda dapat ditampilkan lebih atas daripada peringkat iklan tepat di bawah iklan Anda.
  3. Jika Iklan Produk Anda menggunakan mode bidding Otomatis, harga bid ditetapkan secara otomatis oleh sistem Shopee.
  4. Skor kualitas, yang mengukur kualitas iklan Anda, yang dipengaruhi oleh:
  5. Relevansi produk yang Anda iklankan dengan kata kunci yang dipilih
  6. Estimasi Persentase Klik dan Tingkat Konversi dari iklan Anda, 
  7. Persentase Klik adalah jumlah klik pada iklan Anda dibagi dengan frekuensi iklan Anda ditampilkan kepada Pembeli. 
  8. Tingkat Konversi mengukur jumlah konversi penjualan produk yang diiklankan dibagi dengan jumlah klik pada iklan tersebut. 


Tips: Anda dapat meningkatkan Skor Kualitas Iklan dengan beberapa hal berikut.

  1. Gambar yang menarik, judul yang relevan, dan deskripsi produk lengkap
  2. Ulasan positif, peringkat produk yang bagus, dan jumlah "terjual" yang tinggi
  3. Harga bersaing atau promosi lain yang sedang berlangsung seperti voucher cashback, harga diskon, atau gratis ongkos kirim


Bagaimana Saya akan dikenakan biaya?

Anda hanya akan dikenakan biaya bila Pembeli mengklik Iklan Produk Anda. Biaya dipotong dari Saldo Iklan Anda.  


Untuk melindungi Penjual, sistem Shopee secara otomatis mendeteksi dan tidak membebankan biaya kepada Anda untuk klik yang tidak valid—seperti klik berulang dari Pengguna yang sama, atau klik otomatis dari bot.


FAQ

1. Pengaturan apa yang bisa Saya ubah pada Iklan Produk, setelah Iklan tersebut berjalan?

  1. Anda dapat mengedit modal, periode, dan penempatan Iklan Produk Anda kapan saja. 
  2. Jika Iklan Produk menggunakan mode bidding Otomatis, Anda dapat mengedit Target ROAS iklan Anda. 
  3. Jika Iklan Produk menggunakan mode bidding Manual, Anda dapat mengedit kata pencarian (jika ada), mengelola lokasi Halaman Rekomendasi, dan mengedit harga bid iklan Anda.

Catatan: Anda tidak dapat mengubah metode bidding setelah Iklan Produk ditayangkan. Untuk beralih dari satu mode bidding ke mode bidding lainnya, Anda dapat menjeda Iklan Produk yang berjalan tersebut dan membuat Iklan Produk baru dengan mode bidding lainnya.

2. Bagaimana Saya memantau Performa Iklan Produk Saya?

  1. Anda dapat memantau performa Iklan Produk Anda hingga 90 hari terakhir. 
  2. Cukup periksa dashboard di tab Iklan Produk pada beranda Iklan Shopee untuk melihat jumlah dilihat, jumlah klik, pesanan, dan metrik lain yang dihasilkan oleh Iklan Produk Anda.

3. Apakah saya bisa mengiklankan semua jenis produk?

Untuk mendukung ekosistem periklanan yang nyaman, aman, dan terpercaya, Shopee akan membatasi iklan-iklan berikut ini:

  1. Tidak aman, tidak sensitif, atau tidak terpercaya untuk Pengguna. 
  2. Tidak sesuai dengan peraturan periklanan setempat.

Selengkapnya mengenai produk yang dilarang untuk diiklankan dapat dipelajar di sini.

4. Apakah Saya bisa membuat beberapa iklan pada satu produk?

Ya, Penjual dapat membuat lebih dari satu iklan dengan pengaturan yang berbeda ataupun dengan pengaturan yang sama untuk 1 produk. Iklan dengan peringkat tertinggi akan ditampilkan kepada pembeli.

5. Apakah saya dapat mengedit iklan saya di Aplikasi Shopee?

Saat ini, tampilan Iklan Shopee yang diperbarui hanya akan tersedia di Web. Penjual tetap dapat memantau kinerja iklan di Aplikasi Shopee.


請問這一頁有幫助嗎?

yes
no
內容

Mengapa harus menggunakan Iklan Produk?

Di mana Iklan Produk dapat ditampilkan?

Bagaimana Iklan Saya Akan Ditampilkan?

Bagaimana Peringkat Iklan Saya akan Ditentukan?

Bagaimana Saya akan dikenakan biaya?

FAQ