Iklan Produk

Bidding Dinamis untuk Iklan Produk yang Menggunakan Bidding Manual

‎‎‎‎‎‎‎‎Iklan Shopee memiliki fitur Bidding Dinamis untuk membantu Anda dalam mengoptimalkan iklan. Bidding Dinamis ialah pilihan fitur pengaturan lanjutan dalam mode bidding manual dimana Shopee akan otomatis mengatur harga bid terbaik untuk memaksimalkan konversi iklan. Simak selengkapnya pada artikel ini.

Mengapa Saya Harus Menggunakan Bidding Dinamis? 

Anda dapat menghemat waktu dalam pengoptimalan iklan.

Mengatur harga bid secara manual untuk setiap kata pencarian atau penempatan iklan halaman rekomendasi dapat memakan waktu lama. Atau jika Anda merasa tidak memiliki cukup data atau pengetahuan untuk mengetahui berapa harga bid “terbaik”.

  1. Bidding Dinamis akan memudahkan Anda dengan secara otomatis mengoptimalkan harga bid dari iklan yang diatur secara manual untuk menghasilkan lebih banyak konversi penjualan, dengan tetap menjaga rata-rata dari harga bid iklan Anda.

Bagaimana Cara Kerja Bidding Dinamis? 

Bidding Dinamis menggunakan algoritma untuk memprediksi apakah setiap iklan yang diklik cenderung menghasilkan konversi penjualan atau tidak berdasarkan berbagai faktor berikut.

  1. Riwayat data yang berhubungan dengan produk yang diiklankan, toko Anda, dan setiap perilaku Pembeli. 

Bidding Dinamis secara otomatis menyesuaikan harga bid dari kata pencarian yang Anda pilih secara manual untuk meningkatkan penjualan Anda. 

  1. Ketika klik iklan cenderung menghasilkan penjualan, Bidding Dinamis akan meningkatkan harga bid hingga 100%. 
  2. Contoh, jika harga bid Anda adalah Rp500, sistem akan otomatis meningkatkan harga bid menjadi tidak lebih dari Rp1000 ketika klik iklan cenderung menghasilkan penjualan.
  3. Ketika klik iklan cenderung tidak menghasilkan penjualan, Bidding Dinamis akan menurunkan harga bid hingga 50%. 
  4. Contoh, jika harga bid Anda adalah Rp500, sistem akan secara otomatis menurunkan harga bid menjadi tidak lebih rendah dari Rp250 ketika klik iklan cenderung tidak menghasilkan penjualan.

Bagaimana Bidding Dinamis akan Mempengaruhi Performa Iklan Saya?

Bidding Dinamis akan membantu meningkatkan penjualan dari iklan Anda yang diatur secara manual, dengan tetap menjaga rata-rata dari harga bid iklan Anda. Dengan kata lain, Efektivitas Iklan (ROAS) iklan Anda akan meningkat seiring waktu.

Menggunakan pengaturan Bidding Dinamis untuk Iklan Produk

1.Bagaimana cara mengaktifkan pengaturan Bidding Dinamis saat Saya membuat Iklan Produk?

Saat Anda membuat Iklan Produk baru dan memilih Penawaran Manual sebagai mode bidding, setelan Bidding Dinamis akan diaktifkan secara default. Anda dapat menonaktifkannya di Pengaturan Lanjutan di Mode Bidding.

2.Bagaimana cara mengaktifkan/menonaktifkan Bidding Dinamis untuk Iklan Produk yang sedang berjalan?

Untuk mengaktifkan pengaturan ini untuk semua Iklan Produk Anda:

  1. Buka Halaman Detail Iklan dari Iklan Produk
  2. Buka Pengaturan Lanjutan di bagian Performa dan aktifkan/nonaktifkan tombol untuk Bidding Dinamis

3.Apakah Bidding Dinamis bekerja untuk Pencocokan Luas dan Pencocokan Spesifik?

Ya, Bidding Dinamis bekerja untuk Pencocokan Luas dan Pencocokan Spesifik.

4.Bagaimana cara menetapkan dan mengoptimalkan harga bid secara manual setelah mengaktifkan pengaturan Bidding Dinamis pada Iklan Produk Saya?

Anda harus menetapkan harga bid yang sesuai untuk kata pencarian Anda berdasarkan tujuan bisnis yang ingin Anda capai. Simak beberapa tips berikut:

  1. Gunakan harga bid yang kompetitif dan gunakan harga bid yang direkomendasikan Shopee jika Anda ingin meningkatkan exposure atau penjualan Anda secara agresif
  2. Gunakan harga bid yang lebih rendah saat menggunakan tipe Pencocokan Luas jika Anda ingin memaksimalkan Efektivitas Iklan (ROAS) Anda


Kami merekomendasikan Anda untuk menjalankan Bidding Dinamis paling tidak 7 hari sebelum mengoptimasi harga bid secara manual. Hal ini diperlukan untuk mengumpulkan data yang cukup agar Anda dapat mengoptimasi harga bid Anda dengan baik.

  1. Klik di sini untuk mempelajari bagaimana cara mengoptimalkan harga bid

FAQ

Apakah Bidding Dinamis akan Menyebabkan Biaya Iklan Saya Melebihi Modal Harian Saya?

Tidak, biaya dari setiap iklan akan tetap sesuai Modal Harian yang Anda tetapkan.



請問這一頁有幫助嗎?

yes
no
內容

Mengapa Saya Harus Menggunakan Bidding Dinamis? 

Bagaimana Cara Kerja Bidding Dinamis? 

Bagaimana Bidding Dinamis akan Mempengaruhi Performa Iklan Saya?

Menggunakan pengaturan Bidding Dinamis untuk Iklan Produk

FAQ