Referensi

Tips Memilih Produk untuk Iklan Anda

‎‎‎‎‎‎‎‎ㅤIklan Shopee saat ini menawarkan 2 cara pemilihan produk untuk mengiklankan produk Anda:

  1. Mode Pemilihan Otomatis akan mengaktifkan Iklan Produk Otomatis, dimana Shopee secara otomatis akan memilih produk yang memiliki potensi penjualan tinggi 
  2. Mode Pemilihan Manual akan mengaktifkan Iklan Produk Manual, dimana Anda akan memilih produk yang akan diiklankan. 


1. Menentukan Mode Pemilihan Produk yang Tepat

 Berikut adalah rekomendasi tentang bagaimana cara memilih Pengaturan Pemilihan Produk yang tepat untuk Iklan Anda.


2. Memilih produk yang tepat untuk Mode Pemilihan Produk Manual

Berikut adalah tips untuk memilih produk untuk diiklankan pada Iklan Produk.

a. Secara umum, Shopee merekomendasikan Anda untuk memilih produk dengan kriteria sebagai berikut :

  1. Produk Terlaris di Toko Anda
  2. Rating > 4.7 dan ulasan yang baik 
  3. Harga yang kompetitif
  4. Judul, foto, dan deskripsi yang lengkap serta menarik
  5. Voucher dan promo menarik


Catatan:

Apabila Anda belum memiliki produk yang memiliki riwayat penjualan, direkomendasikan untuk memilih produk dengan kriteria sebagai berikut.

  1. Produk yang memiliki penjualan yang tinggi di toko offline-mu,
  2. Produk yang sedang tren di pasaran,
  3. Produk yang sedang diberikan diskon di toko Shopee-mu.


b. Shopee merekomendasikan Anda untuk memilih produk dengan tag "Terlaris", "Efektivitas Iklan Terbaik", atau "Sedang Tren".

Berikut adalah deskripsi mengenai tag saat pemilihan produk untuk diiklankan:

  1. Terlaris adalah tag produk yang memiliki banyak pesanan dalam kategorinya, dan mempunyai potensi tinggi untuk menghasilkan lebih banyak penjualan dengan iklan.
  2. Efektivitas Iklan Terbaik adalah tag produk yang berpotensi mencapai efektivitas iklan yang baik, berdasarkan penjualan organik dan biaya iklan rata-rata di kategorinya.
  3. Sedang Tren adalah tag produk yang dikaitkan dengan kata pencarian yang paling banyak ditelusuri, dan berpotensi menghasilkan lebih banyak impresi dan penjualan dengan iklan.


3. Keuntungan Menggunakan Mode Pemilihan Produk Otomatis

Dengan Iklan Produk Otomatis, Shopee akan secara otomatis mengiklankan produk-produk dengan potensi penjualan tertinggi kepada Pembeli yang relevan pada semua halaman iklan. Selain itu Shopee juga akan mengoptimasi biaya-per-klik untuk Iklan Produk Otomatis Anda.


Keuntungan menggunakan mode pemilihan otomatis adalah sebagai berikut:

  1. Meminimalisir pengeluaran tenaga dan waktu untuk mengatur produk yang akan diiklankan.
  2. Meminimalisir pengeluaran tenaga dan waktu untuk mengoptimalkan performa iklan produk yang aktif, termasuk pengaturan kata pencarian dan harga bid.


Catatan: Pilihan “Semua” untuk pengaturan Penempatan harus dipilih. 


FAQ

1. Mengapa pilihan “Otomatis” tidak tersedia untuk Saya?

Berikut adalah hal-hal yang mungkin terjadi jika Anda mendapatkan opsi “Otomatis” berwarna abu-abu saat mencoba membuat Iklan Produk baru.


2. Apa saja perbedaan utama antara Iklan Produk Otomatis dan Iklan Produk Manual?

Tabel berikut merangkum perbedaan utama antara Iklan Produk Otomatis dan Iklan Produk Manual.

*Catatan : Untuk memfasilitasi tahap penyesuaian, sebaiknya biarkan Iklan Produk Otomatis Anda berjalan normal selama 2 minggu pertama pengaktifan tanpa menjeda, menghentikan, atau melakukan perubahan modal; hal ini memungkinkan Anda menikmati kinerja iklan yang stabil dan lebih baik.


3. Apakah saya bisa menjalankan Iklan Produk Otomatis dan Iklan Produk Manual secara bersamaan? 

Ya, anda dapat menggunakan kedua mode pemilihan untuk produk yang berbeda. Anda dapat perhatikan skenario di bawah ini. 


Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak